oleh

Penanggulangan Covid-19, Pemdes Gunung Pelawan Angarkan Rp 312 Juta

BANGKA — Kepala Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Tjhung Kim, mengungkapkan telah menganggarkan sebesar Rp 312 juta, guna penanganan Covid 19.

” Anggaran untuk Covid 19 Desa kita itu Rp 312 Juta, itu dicairkan tanggal 7 April lalu, dari APBDes,” ungkap Tjung Kim di ruang kerjanya, Rabu (15/04/20) pagi.

Dalam hal anggaran tersebut, Dia juga mengatakan telah melakukan pengadaan masker, disinfektan, serta keperluan posko gugus tugas desanya.

” Anggaran itu kita alokasikan ke pengadaan masker, keperluan posko dan disinfektan,” jelasnya.

Meski demikian, sebelum anggaran tersebut terealisasi, Tjhung Kim mengaku telah melakukan kegiatan pencegahan virus Covid 19 terlebih dahulu, dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan, yang menurutnya didapatkan dari Kecamatan.

” Kalau penyemprotan kita sudah lakukan dulu, ketempat-tempat umum, tempat Ibadah, kebetulan kemarin kan ada pengadaan disinfektan dari Kecamatan, dan itu kita dapat,” bebernya.

Dalam hal Covid 19 tersebut, Tjhung Kim juga menegaskan, pihaknya juga banyak ragam kegiatan dalam pencegahan Covid 19, termasuk pemberian edukasi kepada warga serta sosialsasi himbauan psycal distancing bersama tokoh warga, tokoh agama, serta petuah adat desa tersebut.

50 ODP Selesai Masa Karantina Mandiri

Masih kata Tjung Kim, di Desa Gunung Pelawan ada sebanyak 55 orang dalam pengawasan atau ODP. 50 orang di antaranya telah selesai masa karantina mandiri di rumah masing-masing.

” Kalau ODP itu ada 55 orang, ada 50 yang sudah menjalani masa karantina mandiri,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, para ODP tersebut sebagian merupakan warga setempat, dan para pendatang yang hendak bekerja di wilayahnya.

” Warga kami dari luar ada juga yang datang, tapi yang lain itu ada yang kerja di sawit, tambang, dan itu sudah terdata,” kata dia.

Tjung Kim memastikan, saat ini ODP yang saat ini menjalani masa karantina mandiri hanya sebanyak 5 orang. (*)

Reporter : Randhu Oktora
Editor : Romlan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed