oleh

Peneliti Stisipol : Medsos Mempengaruhi Perkembangan Pariwisata

BANGKA — Lembaga Riset dan Inovasi Kampus Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, menyelenggarakan kegiatan Seminar Dosen Bulanan di Kawamua Coffee & Resto Stisipol, pada Kamis (24/10/2019) kemarin, dengan tema “Peran Komunikasi Daring dalam Meningkatkan Promosi Pariwisata di Kabupaten Bangka”.

Seminar tersebut diisi oleh Dosen Stisipol Pahlawan 12, Dr. Ida Royani Damayanti, M.Si dan Ferdiana, S.I.Kom, serta dihadiri oleh para dosen, pengawas, dan perwakilan mahasiswa.

Penelitian tersebut juga dilatarbelakangi oleh harapan dan keinginan masyarakat Kabupaten Bangka untuk memperkenalkan potensi pariwisata kepada masyarakat luas, baik local, nasional maupun internasional. Kemudian peneliti bermaksud mendeskripsikan peran serta besaran kontribusi komunikasi daring dalam meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Bangka.

Salah satu pemateri, Ferdiana mengatakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi daring berperan dalam mempromosikan pariwisata Bangka.

“ instagram merupakan media social yang tepat untuk promosi wisata dan hal ini merupakan sebuah tren yang sejalan dengan perubahan jaman” ujarnya.

Ida Royani Damayanti juga menambahkan variable lain selain media komunikasi berbasis internet adalah promosi melalui travel agent.

” peran travel agent juga tidak kalah penting karena masih banyak responden yang mendapatkan informasi mengenai pariwisata Bangka melalui agensi tersebut,” tambah Ida.

Peneliti juga memberikan rekomendasi agar Instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga memiliki akun media social yang bias diakses dengan mudah oleh pecinta perjalanan, membuat tampilan website dan media social yang lebih kreatif, serta memfasilitasi pebisnis pariwisata local untuk mengembangkan pariwisata sesuai dengan apa yang dibutuhkan wisatawan.

Sementara itu, Ketua Stisipol Pahlawan 12, Dr. Darol Arkum, mengharapkan agar hasil penelitian dosen Stisipol P12 tersebut dapat menjadi referensi kepada dinas terkait dalam menjalankan program-program peningkatan pariwisata di Kabupaten Bangka. Dan kedepannya kegiatan seminar dosen tetap rutin dilakukan agar dapat menghidupkan budaya riset di kampus. (Widya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed