oleh

Pengaruh Media Sosial

Penulis: Desviantri Prisardi Ramadhani
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung


Salah satu hal yang semakin berkembang di era globalisasi ini adalah teknologi. Teknologi yang semakin canggih pun memang mampu memberikan banyak kemudahan dan keefektifan tersendiri bagi yang menggunakannya, salah satunya yaitu media sosial.

Media sosial merupakan media berbasis online yang mendukung untuk melakukan interaksi sosial dengan menggunakan teknologi yang berbasis web, yang dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Seiring berjalannya waktu, media sosial semakin banyak digemari oleh semua kalangan dari yang masih kecil sampai dewasa. Media sosial dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi jarak jauh, memudahkan kita untuk bisa mengekspresikan diri, dan memudahkan untuk belajar hal-hal yang baru.

Melansir data dari We Are Social, pada tahun 2020 ada 175,4 juta pengguna internet dan 160 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, di tahun 2020 ini mengalami peningkatan sebanyak 10 juta orang Indonesia yang aktif di media sosial. Seperti yang kita ketahui, media sosial memiliki dampak positif dan negatifnya.

Dampak positif dari media sosial yaitu memperluas pergaulan/pertemanan, mengembangkan bakat, mengekspresikan diri, mengetahui dan mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah, mempermudah komunikasi, dan menjalin silaturahmi.

Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah kurangnya rasa empati, susah untuk bersosialisasi dengan orang sekitar, cybercrime, dan lainnya. Selain itu, seringkali kita termakan hoax dari informasi yang kita dapat di media sosial, yang seharusnya ketika mendapat suatu informasi kita harus mencari tahu terlebih dahulu apakah itu hoax atau fakta.

Dalam menggunakan media sosial, alangkah baiknya kita menggunakan media sosial dengan baik, bijak, dengan hal-hal yang berguna dan yang pasti dengan hal positif. Gunakanlah media sosial yang ada sebagai sarana untuk mengembangkan bakat, mengikuti lomba, dan masih banyak lagi hal-hal yang positif lainnya. Bijaklah dalam bersosial media. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan