oleh

Pengiriman Zirkon Tertunda

 14 total views

PANGKALPINANG — Diduga belum mengantongi Surat Izin Berlayar atau SIB, Tongkang Berkah Mandiri dengan Nomor Lambung 33, terlihat belum berlayar dan masih berlabuh di kawasan pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, pada Kamis (08/08/2019).

Tongkang itu berisi ribuan ton mineral ikutan timah jenis Zirkon milik PT. Indomas. Menurut kabar yang beredar, rencananya ribuan ton zirkon itu akan dibawa ke Propinsi Kalimantan Tengah.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkal Balam, Hasoloan Siregar, menjelaskan penyebab belum berlayarnya Tongkang Berkah Mandiri tersebut.

Menurutnya, hingga kini pihak agen pelayaran belum mengajukan permohonan SIB, agar Tongkang tersebut bisa segera berlayar.

“Kami masih menunggu dokumen dari perusahaan atau agen untuk penerbitan Surat Izin Belayar. Sampai saat ini belum ada pengajuan. Infonya masih ada dokumen barang yang belum lengkap,” ungkap Hasoloan Siregar di ruang kerjanya, Kamis petang.

Dikatakannya, dokumen yang harus dilengkapi untuk mengurus Surat Izin Berlayar di antaranya Surat Keterangan Produksi (SKP),  hasil uji lab muatan, laporan hasil surveyor dan tanda bukti setor pajak atau retribusi daerah, SKP akhir.

“Yang harus ada itu SKP Awal, jenis dan hasil uji lab barang yang diangkut, laporan hasil surveyor dan jumlah barang, bukti setoran pajak daerah dan SKP Akhir,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak agen pelayaran dan pemilik zirkon tersebut masih diupayakan konfirmasinya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed