oleh

Pengisian Air isi Ulang Wajib Punya Sertifikat

BANGKA — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti mengatakan, setiap depot pengisian air isi ulang wajib memiliki sertifikat laik higienisanitasi dari Dinas Kesehatan, sebelum dijual kepada konsumen.

“Ini harus dilakukan agar air yang sampai ke masyarakat bisa terjaga kualitasnya, dan layak untuk dikonsumsi,” ungkap dr. Then Suyanti pada Kamis (27/06/2019).

Dikatakannya, bahkan Puskesmas juga akan mendatangi depot-depot air isi ulang setiap tiga bulan sekali, untuk mengawasi dan melihat masa berlaku sertifikatnya.

“Setiap tiga bulan sekali dipantau terus oleh Puskesmas terdekat. Selain itu kami juga punya catatannya, jadi bakalan ketahuan sertifikat sudah habis masa apa belum?” terangnya.

dr. Then juga mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya pernah tidak mengeluarkan sertifikat laik higienisanitasi tersebut kepada depot yang bermasalah.

“Kami pernah tidak menerbitkan sertifikat itu kepada beberapa depot, karena ada beberapa item tidak memenuhi syarat, jadi kami minta untuk ditambahkan. Jika sudah lengkap, baru kami keluarkan,” imbuhnya.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat untuk melihat terlebih dulu sertifikat laik higienisanitasi, sebelum mengisi air isi ulang.

“Jadi sebelum ngisi air isi ulang, liat dulu sertifikat itu masih berlaku apa tidak? Biasanya ditempel di depan depotnya, kalau belum kami sarankan jangan isi disitu dulu,” kata Dia. (Sho/Mg)

Komentar

Tinggalkan Balasan