PANGKALPINANG — Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, memimpin upacara Hari Jadi ke-22 Provinsi Babel. Upacara ini diikuti dimulai dari siswa, mahasiswa, organisasi masyarakat, ASN, Satpol PP dan TNI-Polri, Senin (21/11/2022).

Hari Jadi ke-22 provinsi dengan slogan Bumi Serumpun Sebalai ini dengan mengusung tema Hijau Biru Babelku.

Menghiasi suasana Hari Jadi ke-22 Provinsi Babel ini, dimulai dari Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Tokoh Presidium Babel dan tamu undangan mengenakan baju adat Melayu Babel lengkap dengan stanjak di kepala. Sementara Ridwan Djamaluddin bersama sang istri Sri Utami Soedarsono mengenakan baju adat Babel Paksian dengan warna hijau.

“Pepatah lama mengatakan takkan ada perjuangan berakhir dengan kesia-siaan, demikian halnya dengan perjuangan kita, sehingga melalui undang-undang nomor 27 tahun 2000, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara de jure pada akhirnya terbentuk,” kata Ridwan dalam pembacaan amanahnya ketika upacara.

Ia menambahkan, mengingat apa yang sudah diperjuangkan pada masa lampau, maka sudah sepatutnya apabila sebagai orang Bangka Belitung di mana pun berada untuk meneruskan perjuangan para pendiri Provinsi ini.

Menurutnya, langkah ini guna menciptakan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan dan kedamaian bersama melalui kerja keras, karya, dan aksi nyata.

“Harus kita sadari dan tekadkan bersama, bahwa marwah Bumi Serumpun Sebalai ini seutuhnya berada di tangan kita semua,” tutupnya. (Dika)