Penjara Tak Membuat Residivis Ini Jera

HEADLINE, HUKRIM23 Dilihat

BANGKA TENGAH — Meskipun sudah pernah masuk penjara dengan kasus yang sama, namun tidak membuat Erik lekas bertaubat. Pria berusia 27 Tahun itu berulah lagi dengan mencuri barang di Ruko AS warga Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah.

Kapolsek Koba IPTU Rizky Adhiyanza seizin Kapolres Bangka Tengah, membenarkan adanya pengungkapan pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan tersebut, di mana pelaku yang berhasil diamankan merupakan resedivis kambuhan untuk kasus yang sama, yaitu pencurian.

“Pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan korban atas nama AS (27), warga Desa Kurau Barat, selaku pemilik Ruko Counter HP. AS melaporkan telah terjadi pencurian di Ruko miliknya pada Selasa 13 September, yang diketahuinya terjadi pada saat jam 04.00 WIB,” ungkap Rizky, Kamis (15/9/2022).

Ia menambahkan, terduga pelaku masuk ke dalam Ruko dan mengambil barang-barang di dalamnya, yang membuat korban mengalami kerugian kurang lebih Rp. 3.559.000.

Dari laporan korban tersebut, anggota Unit Reskrim Polsek Koba bersama Bhabinkamtibmas Desa Kurau Barat langsung melakukan penyelidikan terhadap rekaman CCTV, serta pengumpulan bahan keterangan di sekitar TKP.

“Berdasarkan petunjuk yang kami dapatkan, terduga pelaku Erik dapat kami amankan. Dan saat diinterogasi, Erik sudah mengakui perbuatannya,” bebernya.

“Sebagai tindak lanjutnya kemudian kami telah melimpahkan tersangka serta barang bukti ke Satuan Reskrim Polres Bangka Tengah,” sambungnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah AKP Wawan Suryadinata, juga membenarkan adanya penyerahan ungkap kasus pencurian dengan pemberatan (363 KUHP) dari Polsek Koba, Kini pelaku serta barang bukti sudah diamankan di Polres Bangka Tengah.

“Ya, kami sudah menerima pelimpahan perkara 363 KUHP dengan tersangka atas nama Erik. Pelaku sudah ditangani oleh Unit Pidum untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya. (Dika)