oleh

Pentingnya Pendidikan Etika Dan Moral

Penulis: Desviantri Prisardi Ramadhani
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Etika dan moral merupakan hal yang sangat penting sekali dan harus dimiliki semua orang. Semakin dewasa, maka semakin kita harus memiliki etika dan moral yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti baik, buruk, salah, benar, dan tanggung jawab. Sedangkan moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan perilaku.

Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk memiliki etika dan moral. Etika dan moral tidak hanya kita dapatkan dirumah saja melalui keluarga, walaupun keluarga merupakan pihak utama utama yang bertanggung jawab untuk mengajarkan etika dan moral. Etika dan moral juga dapat kita dapatkan dalam lingkungan sosial kita, seperti teman, sahabat, guru, dll. Tanpa kita sadari pun, kita dapat belajar menanamkan etika dan moral dari diri sendiri dengan melihat perilaku seseorang, berpikir dewasa, menghormati sesama, dan menghargai orang yang berbeda pendapat.

Tetapi masih banyak sekali orang-orang yang menyepelekan akan pentingnya etika dan moral. Padahal etika dan moral itu adalah hal yang sangat penting, karena jika etika dan moral kita kurang, lemah, dan kita tidak peduli tidak memperbaiki nya maka hal itu akan merusak kepribadian kita secara perlahan.

Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali sekolah-sekolah bahkan di kampus dan kantor untuk lebih menekankan akan pentingnya etika dan moral. Pendidikan etika dan moral tidak memandang usia, tidak hanya remaja saja yang harus semakin menekankan etika dan moral, tetapi semua kalangan dari yang kecil sampai dewasa harus tetap menekankan akan pentingnya etika dan moral.

Sebagai contoh, ketika kita berjalan melewati orang yang lebih tua dari kita, hendaknya kita membungkuk dan menyapa mereka walaupun hanya dengan senyuman. Karena senyum saja itu dapat membuat seseorang merasa dihargai. Dan juga kita harus bertutur kata yang baik dan sopan ketika berbicara dengan siapapun.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk lebih menanamkan pentingnya etika dan moral dalam diri kita, yaitu selalu tanamkan di diri kita untuk selalu bersikap jujur, bertanggung jawab, menghargai dan menghormati orang lain, disiplin, taat agama, dan sopan santun.

Dalam menerapkan hal tersebut tentunya tidak semata dari diri kita sendiri melainkan kita juga membutuhkan dukungan dari orang lain, misalnya keluarga, sahabat, guru, dll. Dan dengan terus menerapkan hal tersebut, semoga kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik, menjadi pribadi yang beretika dan bermoral. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan