PANGKALPINANG — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Patijaya, pastikan subsidi Bahan Bakar Minyak di Provinsi Bangka Belitung tepat sasaran.

“Keputusan nya sudah diambil pemerintah penyesuaian harga BBM. Sekarang ini bagaimana kita memastikan ketika BBM ini dinaikkan, lalu kompensasi-kompensasi bakalan bantalan sebagainya itu dapat tepat sasaran,” ungkapnya usai melakukan sosialisasi Focus Group Discussion dengan tema strategi pemerintah pada program subsidi tepat sasaran untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Senin (12/9).

Menurutnya, yang ditakutkan pada kenaikan BBM ini adanya ulah oknum yang melakukan penimbunan dan penyelewengan ke sektor-sektor yang bukan transportasi umum.

“Kita juga tidak menghendaki kedepannya BBM itu terjadi penyimpangan di dalam penggunaannya seperti misalkan solar yang subsidi itu lari ke sektor-sektor diluar transportasi umum ataupun transportasi masyarakat lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Bambang menyebut keputusan kenaikan BBM ini sudah diambil oleh pemerintah. Saat ini tinggal bagaimana seluruh masyarakat Babel memastikan kompensasi dan bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran.

Ia juga berharap seluruh masyarakat serta stakeholder dapat mengawasi penyaluran dari bansos itu, sehingga seluruh penerima bansos dapat benar-benar merasakan manfaatnya.

“Bagaiaman kita menginginkan masyarakat dan stakeholder turut mengawasi, kenapa? Karena situasi sudah susah. Kita saling jaga, sehingga apa yang menjadi bantuan-bantuan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya,” pungkasnya. (Dika)