HEADLINEKABAR DPRD

Perda Ini Berikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

×

Perda Ini Berikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Johansen Tumanggor, menyebutkan perekonomian Bangka Belitung secara umum sudah mulai meningkat, walaupun pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga akhir tahun 2021 ini.

Hal ini tidak lain karena melonjaknya harga hasil perkebunan dan pertanian. Peningkatan pergerakan ekonomi ini juga berimbas kepada meningkatnya usaha mikro di kalangan masyarakat.

Demikian disampaikannya, saat penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil di Hotel Grand Vella, Bangka Tengah, Sabtu (27/11).

“Oleh karena itu, kami dari DPRD sangat bersemangat memberi penjelasan tentang koperasi dan UMKM di masyarakat Bangka Belitung. Apa saja manfaatnya, hingga tujuan pemerintah dari perda ini nantinya,” ungkapnya.

Johansen memberikan pengertian pentingnya menjaga bisnis UMKM, sebagai penggerak roda ekonomi dalam masyarakat. Ia mengimbau jika ada dari peserta pertemuan mau membuka usaha, sekarang ini sudah mudah, semua sudah ada aturannya.

“Tinggal datang ke Dinas, mereka siap membantu,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon, yang hadir selaku narasumber menjelaskan detail dari Perda ini, serta kaitannya dengan UU Cipta Kerja.

Ia pun turut membeberkan kebijakan pemerintah tentang kemudahan berusaha, serta pemberdayaan koperasi dan umkm untuk masyarakat.

“Dalam Perda ini diatur beberapa kemudahan untuk masyarakat serta dukungan terhadap bisnis UMKM. Seperti sekarang kemudahan legalitas dalam pendirian badan usaha, pembinaan, pemenuhan standar produk, sampai pembebasan biaya perizinan bagi UMKM, ini manfaat utama dari Perda ini,” jelasnya. (*)

Sumber : Setwan