oleh

Perizinan Tambak Udang Jadi Sorotan

Akhmad Suherman
Kabid Penegak Perda Satpol PP Bangka

BANGKA — Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka, melalui Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah, Akhmad Suherman mengatakan, pihaknya sudah memonitoring terkait legalitas investasi tambak udang yang ada di Kabupaten Bangka, salah satunya yang ada di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat.

“Terkait legalitas investasi tambak udang kita sudah monitoring, salah satu yakni tambak udang yang ada di seputaran Pantai Rebo, Kecamatan Sungailiat. Disitu nampak jelas pelanggaran peraturan daerah. Izin Mendirikan Bangunan belum mengantongi, tapi bangunan sudah berdiri. Dari sumber yang kita terima, tambak udang tersebut sudah ekspor, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bangka sudah memberi teguran kepada pengelola tambak tersebut,” ungkap Akhmad Suherman di ruang kerjanya, Selasa (26/03/2019).

Pejabat bidang penegakan Peraturan Daerah itu, juga mengulas Pendapatan Asli Daerah yang diterima Pemerintah Kabupaten Bangka dari penerbitan surat izin investasi budidaya udang bersekala besar itu.

“Dari sumber yang kita terima, Pemkab Bangka hanya menerima dua ratus lima puluh ribu rupiah untuk sekali penerbitan izin tambak udang. Sebenarnya ini sektor potensial meningkatkan pendapatan asli daerah. Dari pantauan kita menyangkut legalitas, ada beberapa tambak yang sudah mengantongi izin, ada juga yang belum,” jelasnya.

Masih kata Akhmad Suherman, dari beberapa tambak udang yang belum kantongi izin, yakni masuk kawasan Hutan Lindung Pantai, yang sebenarnya dilema juga secara Presepsi, ada indikasi penguasaan lahan saja. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed