oleh

Perlu Konsensus Untuk Mewujudkan Arsitektur Ciri Khas Negeri Serumpun Sebalai

BANGKA TENGAH — Tim Pansus Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai, kembali lakukan kegiatan koordinasi dengan pihak terkait guna mendapatkan saran dan masukan untuk Draft Raperda.

Kali ini tim pansus mengunjungi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Rabu, (4/8).

Mansah, selaku Ketua Pansus Raperda Arsitektur mengatakan, pansus perlu menggali lebih dalam segala informasi yang tersedia, karena ada beragam kebudayaan di Bangka Belitung, yang nantinya akan memerlukan suatu konsensus sebagai bentuk identitas yang akan dijadikan ikon Negeri Serumpun Sebalai, melalui Raperda Tentang Penyelenggaraan Arsitektur.

“Babel sangat beragam dengan segala khazanah budayanya, pansus perlu menggali lebih dalam. Perlu konsensus untuk menjadi sebuah ketetapan, karena arsitektur berciri khas Serumpun Sebalai belum ditetapkan,” ungkapnya.

“Kita di sini bukan mencari perbedaan, tetapi perlu memadukan adat budaya seperti adanya ornamen khas, yang nantinya menjadi khazanah yang akan dibanggakan oleh anak cucu kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Nico Plamonia Utama menambahkan, Bangka Belitung saat ini belum memiliki gaya arsitektur berciri khas di tempat-tempat wisata, seperti di pantai atau di hotel-hotel.

“Kita belum mempunyai arsitektur khas di tempat wisata, pantai dan hotel-hotel. Ciri khas tersebut berasal dari semua ornamen di Babel, dan kita harus mencarinya,” beber Nico.

Menanggapi hal tersebut, Fahrizal, selaku Kabid Organisasi Lembaga Adat Melayu Kabupaten Bangka Tengah mengungkapkan, LAM Bangka Tengah belum ada sama sekali dan kondisi bangunan sudah banyak yang modern. Tetapi tipikal arsitektur rumah adat yang akan dibuat LAM, akan bermuara pada hasil dari Raperda yang di inisiasi tim pansus penyelenggaraan arsitektur.

“Perlu untuk diketahui, karena nanti jika LAM Bangka Tengah membuat rumah adat, maka muaranya akan ke sini (Raperda Arsitektur),” jelasnya. (*)


Sumber : Publikasi DPRD Babel

News Feed