BANGKA SELATANHEADLINE

Perpusnas Berikan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Basel

×

Perpusnas Berikan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Basel

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menerima bantuan hibah berupa 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Rabu (15/09/21).

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando secara simbolik kunci mobil tersebut kepada Anggota Komisi 1 DPD RI, Rudianto Tjen lalu diserahkan ke Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid di halaman Perpustakaan Nasional.

Dalam serah terima mobil perpustakaan, Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando menyampaikan pengembangan perpustakaan tersebut sejalan dengan Visi Pembangunan Nasional, yang diamanatkan Presiden Joko Widodo, yakni dalam hal pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

“Kami dari perpustakaan menjabarkan membentuk program kegiatan dalam bentuk lima tingkatan literasi, yang literasi tertinggi adalah kempuan menciptakan literasi barang dan jasa yang bermutu, yang bisa dipakai dalam kompetisi global. Karena arahannya (Joko Widodo_red), kita harus menciptakan produk barang dan jasa untuk mengimbangi mengimbangi impor,” ucapnya.

Menurut dia, kondisi real masyarakat 90 % tidak tembus perguruan tinggi, dan hal tersebut masalahnya sehingga ada langkah resivione harus dilakukan semua komponen, tetapi penentu langkah kebijakan kualitas pendidikan tersebut ada di level pemerintah daerah seperti Walikota, Bupati dan pihaknya hanya stimulant.

“Nah, mobil perputakaan keliling ini memang kita ada empat puluh lima yang akan dibagi, salah satunnya Bangka Selatan. Dan ini komitmenya Bupatinya datang dan luar biasanya lagi, seorang Anggota Komisi 1 DPD RI (Rudianto Tjen_red), datang ke perpustakaan bersama Bupati. Tetapi yang paling penting adalah komitemn kita untuk memahami apa yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando. Dia menilai Kepala Perpustakaan memiliki inovasi yang luar biasa, sangat termotivasi dan beruntung bisa hadir di Perpustakaan Nasional.

Menurut orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini bahwa dengan menerima bantuan ini, teryata dapat ilmu sekitar 6 SKS dari Muhammad Syarif Bando. Yang mana bagaimana pentingnya literasi itu mengubah cara berpikir, yang tadinya cuma membawa bisa jadi uang dengan modal yang relatif murah.

“Nah, inovasi ini saya pikir harus betul-betul dikawal dan saya sangat sepakat dengan beliau bagaimana mengubah mindset masyarakat, perpustakan itu bukan menjaga buku sampai rusak tapi bagaimana hasil bacaan itu dikombinasi dengan masyarakat jadi rezeki, dapat uang, jadi bisnis dan itu yang harus kita terapkan,” ujar Riza.

Dikesempatan itu juga secara simbolis diserahkan sejumlah buku, digital library system, 4 unit tablet ablet android, modem, 1 unit televisi dan 1 unit genset. Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Erwin Asmadi dan beberapa kepala SKPD. (Yusuf)