oleh

Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Pembuatan Kerajinan Dari Lidi Nipah

BANGKA — Salah satu peserta pelatihan pembuatan kerajinan berbahan dasar lidi nipah, Kartini mengatakan, dirinya sangat antusias mengikuti pelatihan ini, lantaran ingin mendapatkan pengetahuan untuk mengolah lidi nipah menjadi kerajinan.

Pelatihan pembuatan kerajinan berbahan dasar lidi nipah digelar PT Timah Tbk di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, mulai tanggal 30 Maret hingga 3 April mendatang.

“Saya baru pertama kali pelatihan ini, jadi sangat senang dan antusias untuk mengikuti pelatihan ini. Di sini juga banyak lidi nipahnya, nanti jadi bisa mengkreasikan lidi nipah ini jadi kerajinan,” ungkap Kartini, Selasa.

Senada, juga diungkapkan Nayla, yang merupakan pelajar SMA. Dia bersama rekannya sengaja mengikuti pelatihan ini, untuk menambah wawasan dan keterampilan. Mereka memanfaatkan waktu libur sekolah untuk menambah keterampilan.

“Sekolah lagi libur, jadi kami ikut pelatihan ini, karena ini sangat menarik. Kami bisa belajar membuat kerjainan dari lidi nipah. Nanti juga bisa kami bagikan kepada kawan-kawan, agar semakin banyak yang bisa bikin, karena banyak juga lidi nipah di sini,” kata Nayla.

Trainer Pelatihan ini, Risanda mengatakan, di pelatihan ini para peserta akan mendapatkan beberapa pelatihan diantaranya ialah menenun lidi nipah, membuat maal / pola, dan membuat kerajinan berbagai jenis.

“Kita ajarkan yang dasarnya, nanti mereka yang akan mengkreasikan. Kita ajarkan untuk menenun. Karena untuk lebih banyak ini perlu pelatihan lanjutan. Saya rasa masyarakat antusias sekali mengikuti pelatihan, dan ini kita bagi dalam tiga kelompok,” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan