oleh

Petani Dipaksa Untuk Panen

PATI — Cuaca Exstrim di wilayah Pati beberapa hari ini, membuat petani di sekitaran sungai menjadi waspada atau siaga, dikarenakan hujan deras sewaktu – waktu dan angin kencang membuat petani lebih cepat panen. Pada Rabu (30/01/2019) Bati Tuud Koramil 12/Margorerjo Peltu Kunaryoto, bersama Dinas PPL membantu petani dalam memanen paksa padinya, dikarenakan air sungai Juwana meluap ke areal persawahan Desa Jambean Kidul, yang luasnya sekitar 541 hektar tergenang air.

Dengan alat mesin Combi, warga yang tanaman padinya tergenang air di panen secara manual, kemudian untaian padi di bawa dengan rakit atau sapan kecil ke tanggul, untuk di rontokan dengan traser atau dos.

Peltu Kunaryoto mengatakan, sebagai aparat Teritorial khususnya Koramil Margorejo, siap membantu dalam hal ini warga atau petani yang sedang membutuhkan bantuan.

“TNI (Koramil Margorejo) bersama – sama PPL Dinas Pertanian dan kelompok tani, membantu warga panen padi yang terendam air, sehingga warga tidak mengalami kerugian banyak. Karena nantinya tanaman padi yang terendam air bisa busuk,” jelas Peltu Kunaryanto.

Suyitno, seorang petani dari Desa Jambean Kidul mengungkapkan, petani setempat mengucapkan terima kasih atas bantuan dari TNI dan PPL,karena dengan cepat panen padi selesai.

“Mengingat hujan masih terus akan mengguyur wilayah kami, maka dengan panen padi lebih awal, banyak padi yang terselamatkan,” ungkapnya. (Narto / Pendim Pati)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed