oleh

PIP Koperasi Kartika Jaya Berikan Kompensasi Kepada Warga

BANGKA — Ratusan masyarakat Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, menerima kompensasi berupa sembako dari panitia penambangan timah di Dusun Kusam, Desa Gunung Muda, Sabtu (29/02/2020).

Penambangan timah di lokasi itu menggunakan Ponton Isap Produksi yang dikelola oleh Koperasi Kartika Jaya, setelah mendapat Surat Perintah Kerja dari PT Timah Tbk.

Dalam pelaksanaan pembagian kompensasi itu, juga dihadiri oleh pengelola Koperasi Kartika Jaya, Muryaga alias Akan, serta para perangkat desa setempat, termasuk Pjs. Kades Gunung Muda, Robby Azmanto.

Muryaga alias Akan mengatakan, tujuan utama dalam hal ini, menurutnya ini merupakan persentase hasil pembagian kepada warga setempat, yang sebelumnya sudah dilakukan musyawarah kesepakatan.

” Ini merupakan kontribusi kita kepada warga setempat. Dengan cara sesuai musyawarah sebelumnya 5 persen dari hasil timah kita sisipkan untuk warga, dan 6 persen untuk nelayan,” kata Akan

Dilanjutkan oleh Akan, bahwa saat ini terdapat 78 PIP yang beroperasi di wilayah Dusun Kusam. Dia juga membeberkan hasil timah yang didapatkan di storkan ke PT Timah.

” Ada 78 PIP yang beroperasi, untuk timah kita setorkan ke PT Timah, pengawas dari pihak PT Timah juga ada di lokasi itu,” ujarnya.

Masih dengan Akan, dia menyebutkan bahwa aktivitas yang bisa dikatakan legal tersebut, merupakan upaya pembangkitan ekonomi khususnya Kecamatan Belinyu.

” Kami memang menggagas secara legal Pak, ini juga sebagai upaya kami dalam membantu perokonomian,” demikian kata Akan.

Sementara Pjs Kades Gunung Muda, Robby Azmanto, Kades, yang baru menjabat ini mengatakan, bahwa saat ini dia melanjutkan rencana yang sudah direncanakan sebelumnya oleh Kades sebelumnya.

” Saya melanjutkan dari Kades yang lama program ini, yang dulu pernah di musyawarah sebelumnya, dan ada kesepakatan juga,” ujar Robby.

Robby juga memaparkan terdata ratusan KK yang menerima kompensasi, dengan kreteria warga setempat yang menurutnya layak menerima kompensasi tersebut.

” Ada sekitar 250 KK yang menerima, yang utamanya adalah kaum janda-janda tua renta yang mendapatkan kompensasi ini,” jelasnya.

Lain hal sebut saja Mursia atau akrab disapa Bik Put, janda paruh baya yang menerima kompensasi tersebut dengan semangatnya dia ikut mengantri bersama warga setempat. Dia dengan tangan terbuka menerima kompensasi tersebut, dan berharap hal ini tidak terjadi dalam satu kali ini saja.

“Syukur Allhamdulillah, bisa terbantu kami, semoga berkah,” seru Mursia. (Mg/1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed