oleh

Polda Babel Action, Siap Kawal Distribusi Bansos

 14 total views

PANGKALPINANG — Menindaklanjuti MoU antara Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Nomor : B / 6 / I / 2019 tertanggal 11 Januari 2019 Tentang Bantuan Pengamanan Dan Penegakan Hukum Pada Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial, Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal Drs. Istiono MH, langsung membentuk SatuanTugas Pengamanan Dan Penegakan Hukum Pendistribusian Bantuan Sosial Tahun 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Komisari Besar Polisi Djoko Erwanto, ditunjuk sebagai Ketua Tim Satuan Tugas tersebut. Dibawahnya ada empat Ketua Sub Satgas, terdiri dari Ketua Sub Satgas Sosialisasi, Ketua Sub Satgas Media, Ketua Sub Satgas Pengamanan Distribusi Bantuan Sosial, dan Ketua Sub Satgas Penegakan Hukum.

Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal Drs. Istiono MH, didampingi Direktur Direktorat Kriminal Khusus Komisaris Besar Polisi Mukti Juharsa menyatakan, Satgas Bansos di tingkat Polda Babel ini sudah mulai bergerak. Langkah – langkah yang sudah dilakukan diantaranya mulai dari sosialisasi kepada warga masyarakat, sampai action dilapangan.

“Seluruh Satgas Bansos di tingkat Polda Babel sudah bergerak. Mulai dari sosialisasi kepada warga masyarakat, dan langsung action juga ke lapangan. Hari Senin (28/01/2019) nanti, Satgas Bansos ini akan berkoordinasi ke Dinas Sosial dan Inspektorat Provinsi Babel, untuk diskusi tentang bagaimana action dilapangan? Kita meminta database kepada instansi terkait berapa alokasi angaran Bansos 2019 yang diterima? Siapa saja yang menerima? Berapa jumlahnya? Apa bentuk bantuannya? Kita minta data itu,” ungkapnya, Jum’at (25/01/2019) di Mapolda Babel.

Masih kata Kapolda Babel, bersama – sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, pihaknya berkomitmen untuk mengamankan alur distribusi Bansos tersebut. Bansos itu diharapkan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat jenis, dan tepat cara.

“Pendistribusian Bansos itu diharapkan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat jenis, dan tepat cara,” sambungnya.

Kedepannya, tugas Satgas Bansos ini melaksanakan sosialisasi, pendampingan distribusi bantuan sosial, dan penegakan hukum.

“Kita akan mengawasi terus alur pendistribusian bantuan sosial itu, mulai dari perencanaan sampai pendistribusian. Tepat sasaran atau tidak? Jangan sampai ada sasaran yang fiktif dan segala macam,” tegasnya.

Ia menghimbau kepada semua pihak yang terkait, agar jangan menyelewengkan program bantuan sosial tersebut.

“Intinya kita sangat mensupport program pemerintah ini. Jangan sampai ada pihak – pihak yang menyelewengkan bantuan sosial itu,” tutupnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed