HEADLINEPANGKALPINANG

Polda Babel Gelar Bhayangkara Mural Festival 2021

×

Polda Babel Gelar Bhayangkara Mural Festival 2021

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Kepolisian Republik Indonesia melalui Divisi Humas Polri bakal menggelar Bhayangkara Mural Festival 2021, pada akhir Oktober mendatang. Bhayangkara Mural Festival juga akan digelar secara serentak oleh 34 Polda se-Indonesia.

Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi mengatakan, Polda Babel turut menggelar lomba Bhayangkara Mural Festival 2021, dimana Lomba gambar kreatifitas di dinding ini akan diselenggarakan dari tanggal 30 Oktober – 1 November 2021 mendatang.

Maladi menuturkan, Bhayangkara Mural Festival 2021 yang digelar ini bertujuan memberikan ruang kepada para seniman mural untuk berkreasi.

“Kegiatan ini untuk memberikan inspirasi semangat pergerakan para seniman dalam menyampaikan pesan positif melalui media mural khususnya di Bangka Belitung,” kata Maladi, Jumat (8/10).

Lanjut Maladi, perlombaan yang dilakukan tersebut juga untuk mempertemukan dan membina berbagai komunitas pegiat mural, ke dalam budaya mural Indonesia.

“Kami Polri membuka ruang kepada para seniman mural, sehingga mereka dapat mempresentasikan karya-karyanya ke tempat atau lokasi yang tepat,” imbuhnya

Maladi menerangkan, tema yang akan dilombakan dalam Bhayangkara Mural Festival 2021, yaitu “Peran generasi muda untuk berkreasi dalam penyampaian informasi yang Positif di masa pandemi Covid-19”.

Untuk sub temanya sendiri ada 5, yaitu Peduli Sesama di Masa Pandemi Covid-19, Bersama Menjalankan Protokol Kesehatan, Indonesia Sehat dan Kuat, Bebas Dari Covid-19, dan Bersama Menjaga Indonesia.

Adapun calon peserta yang mendaftar wajib menyertakan konsep desain mural, dengan persyaratan sebagai berikut :

1. Karya yang dikirim sesuai dengan subtema yang telah ditentukan.

2. Konsep mural dalam format PDF dalam satuan ukuran pixel, maksimal 2.500 pixel.

3. Rasio media 2.44m x 3.66m.

4. Karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dalam kegiatan lain.

5. Kategori kelompok (Maksimal 2 orang) mencantumkan nama ketua dan satu anggota.

6. Memberikan deskripsi dari konsep mural yang komprehensif dengan mencantumkan file word yang menjelaskan konsep karya yang peserta buat.

7. Pengumpulan karya sebelum tenggat waktu tanggal 17 Oktober 2021.

8. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Karya yang sudah diikutsertakan ke panitia menjadi hak milik penyelenggara.

“Nanti dari gambar sketsa yang masuk, kami akan pilih 5 sketsa terbaik untuk dikirim ke Mabes Polri. Setelah itu dari Mabes Polri akan memilih 1 sketsa terbaik yang akan mewakili Polda Bangka Belitung. Sementara sketsa-sketsa yang lain akan berlomba di lokasi yang sudah kami siapkan,” bebernya.

Maladi mengajak masyarakat, khususnya kepada seniman mural di Bangka Belitung, untuk ikut berpartisipasi dalam lomba Bhayangkara Mural Festival 2021.

“Untuk kegiatan sosialisasi dan pendaftaran lomba mural di Polda Bangka Belitung mulai dari 27 September 2021 sampai dengan 17 Oktober 2021,” kata dia.

Perlombaan Bhayangkara Mural Festival 2021 ini akan dibuka langsung oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, secara virtual.

Sementara di Bangka Belitung akan dibuka oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat.

“Ayo ikuti, tentunya hadiahnya menarik. Nanti untuk yang mewakili Polda Babel di Mabes Polri, semua akomodasi tiket pulang pergi hingga penginapan akan ditanggung,” demikian Maladi. (Abdillah)

Sumber : Humas