oleh

Polda Babel Gelar Penanaman Pohon Mangrove Secara Serentak

 19 total views

PANGKALPINANG — Kepolisian Daerah Provinsi Bangka Belitung, melalui Direktorat Polisi Perairan Dan Udara Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Penanaman Pohon Mangrove secara serentak dengan tema “Polri Peduli Penghijauan Pantai Dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir”.

Penanaman pohon mangrove itu dilaksanakan di Pantai Perpat Mati, Kelurahan Sinar Bulan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, pada Jumat (21/02/2020).

Dalam kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolda Babel, Brigjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, dan diikuti Waka Polda Babel, Kombes Pol Drs. Umardani M.Si., Irwasda Polda Babel, Pesonil Polda Babel, perwakilan Forkopimda, Ketua Bhayangkari dan pengurus, Ketua Kartika Candra dan pengurus, serta TNI, Pol PP, Basarnas, PT. Timah, Mahasiswa, Pelajar, serta Masyarakat sekitar.

Kapolda Babel, Brigjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, mengatakan kegiatan tersebut salah satu bentuk kepedulian Polri dalam penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Penanaman ini juga bentuk kepedulian Polri karena mangrove merupakan ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai dan tentunya sebagai sumber mata pencaharian masyarakat pesisir,” ungkap Anang.

Lanjutnya kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat karena pohon mangrove ini dapat mencegah abrasi.

“Adapun manfaat menanam mangrove ini antara lain manfaat Estetis, Klimatologis, Edaphis, Ekologis, Protektif dan Higenis,” jelas Anang.

Mengingatkan dengan adanya dampak pada kerusakan ekosistem, Kapolda Babel ini juga mengatakan ekosistem mangrove harus dikelola dan digunakan secara bijak.

“Mengingat dampak kerusakan ekosistem, maka ekosistem mangrove harus dikelola dan digunakan secara bijak dan berkelanjutan dengan melakukan program rehabilitasi dan restorasi hutan mangrove untuk memulihkan kerusakan hutan mangrove,” imbuhnya.

Selain kegiatan penanaman pohon, juga dilanjutkan penyerahan secara simbolis bibit mangrove oleh Kapolda kepada perwakilan, serta pemasangan spanduk himbauan Kapolda dan Wakapolda Babel. (Iqbal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed