oleh

Polhut Tahan Kayu Bagan

BANGKA — Sejumlah personil Polisi Hutan (Polhut) yang tergabung dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bubus Panca, Sigambir Kota Waringin, menahan truk bermuatan kayu bagan milik warga Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Senin (07/01/2019) sekira pukul 10:00 WIB, di ruas jalan lintas timur, Desa Rebo. Penahanan dilakukan dalam rangka mememeriksa kelengkapan legalitas dokumen asal kayu tersebut.

Polhut KPH, Mulyadi mengatakan, bermula adanya informasi masyarakat bahwa ada 10 truk mobil bermuatan kayu bagan menuju perairan Rebo, Kecamatan Sungailiat. Hasil pemeriksaan sementara jumlah kayu 133 batang, berasal dari kawasan APL Desa Simpang Teritip, Bangka barat.

“Kita dapat informasi dari masyarakat, bahwa ada 10 truk mobil bermuatan kayu bagan yang akan masuk Desa Rebo. Setelah kita tahan dan periksa legalitas dokumen, asal kayu dari Desa Simpang Teritip, Bangka Barat, masuk kawasan areal penggunaan lain berdasarkan dokumen yang mereka serahkan,” kata Mulyadi.

Masih kata Mulyadi, ada kekurangan kelengkapan administrasi saja, yakni Pembayaran Provisi Sumber Daya Hutan dan Dana Reboisasi (PSHDR). Namun lebih detailnya, akan dijelaskan bidang perizinan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang berkopeten.

Alim, warga Desa Rebo, selaku pemilik kayu bagan mengakui kayu tersebut berasal dari Desa Simpang Teritip Bangka Barat. Terkait pengurusan dokumen, Alim menggunakan jasa orang lain.

“Kayu kita beli dari Desa Simpang Teritip. Untuk masalah dokumen kita ada yang mengurus, kita terima bersih” katanya.

Bersamaan, Ibnu, selaku Kepala Seksi Perizinan Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung, membenarkan pemilik kayu bagan sudah berkoordinasi ke pihak Dishut Babel. Terkait perizinan kayu bagan tersebut, menurutnya hanya ada kekurangan pada nota pengangkut saja.

“Secara legalitas dokumen sudah sesuai prosedur. Pemilik kayu sebelumnya sudah berkoordinasi dengan kita terkait perizinan namun ada kekurangan pada nota pengangkutan,” tukas Ibnu. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed