oleh

Polres Bangka Akan Evaluasi Izin Kegiatan Keramaian

BANGKA — Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono menyatakan, akan mengevaluasi izin kegiatan yang menimbulkan keramaian, guna menanggulangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Demikian disampaikan AKBP Aris Sulistyono, di sela-sela kegiatan sosialisasi Maklumat Kapolri dan Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, terkait pencegahan penyebaran Covid-19, pada Senin (23/03/2020) malam di Sungailiat.

Maklumat Kapolri dan Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tersebut, di antara isinya adalah imbauan kepada seluruh masyarakat untuk menghindari keramaian atau social distancing, dan membatasi kegiatan yang dapat menimbulkan berkumpulnya banyak orang hingga pukul 20.00 WIB.

“Untuk (izin) kegiatan keramaian akan kita evaluasi. Dan tentunya evaluasi ini menindaklanjuti sebagaimana Maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini, termasuk keramaian yang saat ini kita bubarkan atau kita hentikan. Termasuk tempat-tempat yang lain pun akan kita evaluasi,” ungkapnya.

Evaluasi ini diharapkan menjadi upaya untuk menerapkan social distancing, benar-benar dapat dioptimalkan. Menurutnya, dengan social distancing ini diterapkan, penyebaran virus corona ini dapat diminimalisir.

AKBP Aris Sulistyono mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media, yang sampai pada malam hari ini masih memberikan support kepada Gugus Tugas Penangulangan Covid-19 Kabupaten Bangka.

“Kami juga mohon dukungannya, guna penyempurnaan dan peningkatan kemampuan daripada pelaksanaan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka ini,” imbuhnya.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi ini akan diselenggarakan sampai 30 hari kedepan. Kebetulan di kepolisian juga menyelenggarakan operasi kepolisian dengan sandi Aman Nusa 2, sasarannya terkait dengan bencana non alam.

“Operasi Kepolisian Aman Nusa 2 disinergikan dengan kegiatan Gugus Tugas Penanggulangan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka, diharapkan dapat bersinergi dengan baik. Dan sinergitas ini diharapkan akan menghasilkan sebuah harapan dan capaian yang optimal,” terangnya.

Dikatakannya, kurang lebih hampir 150 personil Polres Bangka dilibatkan secara bertahap, untuk pelaksanaan kegiatan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka, maupun Operasi Aman Nusa 2.

Terkait sumber anggaran operasional, Kapolres Bangka ini membenarkan jika anggaran personil yang tergabung dalam Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka, itu bersumber dari APBD Kabupaten Bangka yang berjumlah 38 milyar rupiah.

Sementara anggaran untuk personil yang tergabung dalam Operasi Kepolisian Aman Nusa 2, bersumber dari APBN yang ada di Polda Babel.

“Betul, untuk yang Gugus Tugas Penangguangan Covid-19 tingkat kabupaten, menggunakan APBD Kabupaten Bangka. Adapun yang kegiatan Operasi Aman Nusa 2 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resort Bangka, tentunya menggunakan APBN yang ada di Polda Kepulauan Bangka Belitung,” bebernya.

Disinggung upaya pencegahan penyebaran virus corona di Mapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono mengatakan kegiatan itu akan diselenggarakan bersinergi dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka.

“Karena di dalam Gugus Tugas sendiri ada Kepala Satuan Tugas yang khsusus menangani persoalan tentang pintu masuk, baik orang maupun barang, yang diemban oleh Kepala Dinas Perhubungan. Nanti akan kita sinergikan dengan personil yang ada di Polres Bangka, sehingga upaya untuk menekan masuknya orang maupun barang yang patut diduga mengandung virus corona dapat kita antisipasi,” kata dia. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan