HEADLINEHUKUM KRIMINAL

Ponton Penambang Ditempel Imbauan

×

Ponton Penambang Ditempel Imbauan

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Tim gabungan dari TNI-Polri, melakukan imbauan secara tertulis kepada penambang yang beraktivitas menambang timah di Teluk Kelabat, wilayah perbatasan antara Kabupaten Bangka dengan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Direktur Direktorat Polairud Polda Babel, Kombes Pos Mochamad Zainul mengungkapkan, imbauan tertulis itu merupakan langkah persuasif penegak hukum, agar penambang tidak melakukan penambangan timah secara ilegal.

” Ponton-ponton penambang yang ada di sana kita pasang imbauan tertulis, ditempel di pontonnya. Kalau memang tidak ada izin, kita imbau agar tidak beraktivitas dulu,” ungkap Zainul di Pangkalpinang, Rabu (11/7).


Bagi penambang yang belum punya izin atau legalitas, Zainul menyarankan agar segera mengurus atau melengkapi legalitas perizinannnya.

” Kalau sudah ada izin, silakan kerja. Tapi kalau belum ada legalitasnya, lebih baik diurus dulu sampai lengkap semua, supaya bisa kerja secara legal,” kata dia.

Zainul menegaskan, akan menindak dan memproses hukum penambang yang membandel, apabila tetap menambang timah tanpa legalitas.

” Langkah persuasif berupa imbauan lisan dan tertulis sudah kita lakukan. Kalau masih ada yang bandel, kita akan lakukan penegakan hukum,” demikian Zainul. (Romlan)