oleh

Program Resolusi Pemasyarakatan, Lapas Perempuan Pangkalpinang Sediakan Fasilitas Loundry

PANGKALPINANG — Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang menyediakan fasilitas loundry untuk umum. Hal ini merupakan wujud resolusi pemasyarakatan yang saat ini sedang berjalan.

Demikian dikemukakan oleh Nebi Viarleni, selaku Kalapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang, Kamis (27/02/20) pagi, saat menghadiri acara media gathering di Gedung Serbaguna Lapas Klas IIA Pangkalpinang.

Dihadapan awak pers Nebi mengatakan, bahwa saat ini telah banyak program yang ia jalankan di Lapas tersebut, termasuk proses pengajuan CB, PB dan CMB.

” Di resolusi 2020 ini kita sudah menjalankan yang pertama program PB, CB, CMB itu kita harus bebas biaya, karena kita mau menuju WBK,” ungkapnya.

Dikatakan Nebi, bahwa saat ini penghuni Lapas Perempuan berjumlah kurang dari 100 orang, mayoritas penghuninya ialah warga binaan yang terjerat kasus narkotika.

” Dari 81 orang itu 75 persennya pengguna narkotika, selebihnya itu tindak pidana lain seperti pencurian dan lain-lain,” bebernya.

Nebi menjelaskan, di Lapas tersebut memiliki beberapa keterampilan yang hasilnya sudah dipasarkan, bahkan di salah satu website jual beli online.

” Banyak sekali kegiatan di Lapas Perempuan, termasuk keterampilan membatik, kemudian ada salon, pembuatan roti, keripik, kemudian ada lagi kerajinan tangan lainnya, dan itu sudah kita pasarkan ada di blibli.com,” kata dia

Kegiatan yang lebih mendukungnya, Nebi juga membeberkan, bahwa saat ini telah tersedia fasilitas loundry untuk umum.

” Kami juga punya loundry, jadi yang dari luar sudah bisa memasukkan barang-barang loundry ke Lapas,” jelasnya.

Namun demikian, kata Nebi, hal yang utama dalam pembinaan juga diutamakan dalam bentuk pembinaan rohani. Hal tersebut juga sudah dijalankan oleh pihak Lapas, termasuk bekerja sama dengan Kementrian Agama dan Yayasan Keagaaman lainnya. (Mg/1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed