ADVERTORIALHEADLINE

Program Unggulan 100 Hari Bupati dan Wabup Basel Dilaunching

×

Program Unggulan 100 Hari Bupati dan Wabup Basel Dilaunching

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Bertempat di Gedung Milenial, Senin (7/6/21) dilaksanakan acara launching 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan di bidang perikanan, perkebunan, UMKM, pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan daerah.

Acara launching tersebut dihadiri oleh Bupati Basel Riza Herdavid, Wakil Bupati Debby Vita Dewi, Ketua TP-PKK Basel Elizia Riza Herdavid, Kajari Basel Mayasari, Kapolres Basel AKBP Agus Siswanto, Pj Sekda Basel Achmad Ansyori, Staf Ahli, Kepala OPD.

Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan kesejahteraan menjadi indikator penting dalam ketercapaian pembangunan sehingga menjadi komitmen untuk merumuskan kebijakan – kebijakan yang taktis dan humanis guna menjawab permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan di Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut dia, tidak hanya pada sektor pertumbuhan ekonomi secara makro melalui optimalisasi pembangunan sektor primer seperti sektor pertanian dan perikanan, namun perhatian uatama juga pada sektor pendidikan dan kesehatan yang menjadi kunci pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Bangka Selatan yang berkualitas dan unggul.

Di sektor perikanan, pembangunan perikanan budidaya air tawar sudah mulai dana terus dikembangkan pada lahan-lahan yang potensial, kedepan pembangunan sektor pertanian dan perikanan akan dikemas dalam konsep food estate. Lalu, disektor perkebunan akan menyiapkan bibit melalui skema pengadaan bibit yang diserahkan kepada pihak desa.

Di sektor UMKM, akan memberikan bantuan tunai terhadap beberapa sasaran pelaku UMKM terutama yang terdampak langsung terhadap pandemic Covid-19 seperti pelaku UMKM di sekolah-sekolah. Di bidang pendidikan, dalam waktu dekat akan memberikan dukungan nyata terhadap siswa siswi baru sekolah SD dan SMP berupa bantuan baju seragam dan sarana sekolah lainya.

Di bidang kesehatan, akan menjamin akses berobat gratis terhadap masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap dan dalam waktu dekat ini, dia bersama tim akan menyiapkan tambahan kuota keikut pesertaan BPJS kesehatan bagi sekitar 9.000 jiwa. Disamping itu, dalam 100 dibidang kesehatan telah memberikan aksi nyata dalam melakukan penanganan pandemic Covid-19 melalui dukungan alokasi anggaran untuk penyediaan pbat-obatan dan sarana alat kesehatan lainya.

Di bidang UMKM dan ekonomi kreatif, juga telah melakukan aksi nyata dukungan terhadap produk local Bangka Selatan melalui inovasi “ Gerubuk Seperadik “ (gerakan beli, komsumsi, pakai produk direk sendirek). Intruksinya penggunaan produk local menyasar instnasi, perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bangka Selatan dan seluruh instansi/lembaga vertical serta pihak perbankan.

“Selain itu demi mendukung geliat ekonomi kreatif, saya bersama tim juga menyediakan galeri atau rumah kreasi milenial yang didalamnya mancakup disply pemasaran produk UMKM seperti produk olahan makanan, kerajinan dan aktivitas kreatif lainya guna menunjukan komitmen nyata saya dalam mendukung sektor UMKM dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Dan terakhir, lanjut orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini di bidang pengelolaan keuangan daerah, pihaknya berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian. Tentunya ini menjadi pintu masuk berharga bagi pemerintah Kabuapetn Bangka Selatan dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintah kedepan.

Bupati Riza sangat memahami bahwa tantangan kedepan tidaklah mudah, tidak semudah membalikan telapak tangan tapi saya yakin dan percaya, kita mampu melakukan perubahan ini bersama-sama karena saya tahu bahwa saya tidak sendiri, saya didukung sahabat-sahabat semua yang siap sedia membantu dan berkontribusi positif demi kemajuan Bangka Selatan.

“Kita adalah pejuang-pejuang tangguh Bangka Selatan yang akan mengubah kebencian menjadi cinta kasih, memutar kemustahilan menjadi kenyataan dan membalikan segala kesenggsaraan menjadi kemakmuran,” ungkapnya. (ADV/Yusuf)