oleh

PT. Timah Komitmen Reklamasi Lahan Pasca Tambang

 13 total views

BANGKA — PT. Timah (Persero) Tbk melalui Direktur Operasional Alwin mengatakan, perusahaan plat merah itu berkomitmen untuk mereklamasi lahan pasca penambangan timah.

Hal itu disampaikan Alwin saat memberikan sambutan pada acara serah terima proyek Reklamasi Percontohan Antara Pemerintah Jerman dengan Indonesia, Rabu (20/2/2019) di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka.

“Kita dari PT. Timah punya komitmen akan mereklamasi lahan bekas penambangan timah, memberi manfaat terhadap masyarakat sekitar setelah dilakukan reklamasi tersebut,” kata Alwin.

Menurut Alwin PT. Timah sebagai pemilik Izin Usaha Penambangan (IUP), berkewajiban mengembalikan konsesi lahan bekas tambang kepada pemerintah. Namun terkadang penambangan timah ilegal yang beraktivitas di lahan yang sudah direklamasi menjadi kendala.

“Sebagai pemenang IUP kita punya kewajiban mengembalikan konsesi lahan pasca penambangan kepada pemerintah, dan memberi manfaat kepada masyarakat sekitar. Namun kendala yang terjadi, lahan sudah direklamasi dibongkar lagi oleh aktivitas penambangan ilegal,” jelasnya.

Masih kata Alwin, lahan percontohan tersebut seluas 18 hektare, akan dikerjakan selama tiga tahun. Setiap tahun PT. Timah wajib reklamasi 400 hektare lahan eks tambang. Dengan adanya kegiatan reklamasi percontohan ini, diharapkan masyarakat sekitar ikut menjaga dan merasakan manfaatnya. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed