HEADLINEPANGKALPINANG

Puing Bangunan Yang Ambruk Akibat Banjir Mulai Dibersihkan

×

Puing Bangunan Yang Ambruk Akibat Banjir Mulai Dibersihkan

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pangkalpinang bersama Satpol PP Kota Pangkalpinang membersihkan puing-puing bangunan dapur rumah yang ambruk akibat diterjang banjir, Rabu (10/11/2021), di Kelurahan Bukit Sari.

Sekretaris BPBD Kota Pangkalpinang, Dedi mengatakan telah menurunkan 20 anggota yang dibantu oleh 30 anggota Satpol PP Kota Pangkalpinang dalam membersihkan reruntuhan bangunan yang masuk kedalam drainase tersebut.

“Jadi untuk BPBD sendiri berkolaborasi dengan kawan-kawan Satpol PP. Dan Alhamdulillah hari ini kita menurunkan 20 personil dari BPBD dan untuk 30 personil dari Satpol PP untuk membantu mengevakuasi puing-puing bangunan yang masuk kedalam saluran aliran air,” ucap Dedi.

Lanjut Dedi, cuaca di Kota Pangkalpinang saat ini tidak menentu, yang dimana curah hujan yang tinggi dan waktu yang tidak bisa diperkirakan.

Oleh karena itu, Dedi menyatakan bahwa pihaknya siap 24 jam untuk membantu masyarakat Kota Pangkalpinang dalam hal ini.

“Jadi kami dari BPBD dalam hal serangan bencana yang ada di Kota Pangkalpinang, kami siap 24 jam. Dan kami siapkan personil yang akan membantu masyarakat Kota Pangkalpinang dalam hal yang terimbas ataupun terkena bencana. Baik itu bencana alam dan sebagainya kami siap,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP, Efran mengatakan sesuai dengan arahan Dari Walikota Pangkalpinang yang berkenaan dengan banjir maupun hal lainnya, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari BPBD saja.

“Jadi kalau di Satpol PP ini namanya tugas Ex Officio. Kita kan tidak tahu, kemungkinan terjadinya suatu bencana. Jadi fungsi Satpol PP itu, pencegahan dini nya disitu,” ucap Efran.

Yang kedua, Dikatakannya setiap OPD harus berkolaborasi dalam hal ini, baik itu dari pihak Kelurahan, Kecamatan, BPBD maupun Satpol PP.

“Nah itulah bentuk sinergitas kita dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kota Pangkalpinang,” jelasnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat Kota Pangkalpinang untuk tetap waspada. Karena cuaca yang sangat tidak beraturan.

“Dan kedepan, kita juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada. Tapi dalam pelaksanaannya kami bersama BPBD menjalin koordinasi dengan baik sehingga dalam hal pelayanan menjadi cepat tanggal,” pungkasnya.

Selain itu, Lurah Bukit Sari, Sayid, mengatakan berawal dari informasi masyarakat setempat malam kemarin, bahwa terdapat tiga rumah kontrakan yang ambruk akibat banjir.

“Informasi yang kita dapat juga semalam. Jadi kita turun kelapangan, dan ternyata ini rumah kontrakan. Yang satu rumah, ada satu orang. Dan rumah satunya lagi, ada dua orang. Yang satunya balik kampung, Dan yang satunya lagi ngungsi kerumah saudaranya,” ucap Sayid.

“Di saat kejadian penghuni rumah ada satu orang. Dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” pungkasnya. (Iqbal)