oleh

Punya Danau Pading, Perlang Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

BANGKA TENGAH — Setelah sebelumnya Desa Wisata Perlang berhasil masuk dalam jajaran 50 Desa Wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Danau Pading yang merupakan salah satu destinasi wisata di desa tersebut mendapat kunjungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis (11/8/2022).

Keberhasilan Desa Wisata Perlang yang dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia tersebut merupakan torehan prestasi yang patut dibanggakan, karena berhasil menyisihkan 3.416 desa wisata lainnya di Tanah Air. Hal tersebut dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno sembari mengucapkan selamat atas keberhasilan Desa Wisata Perlang.

“Saya mengucapkan selamat, desa wisata perlang masuk 50 besar desa wisata terbaik Indonesia, Saya mengapresiasi kreativitas masyarakat, selanjutnya akan bersaing dengan memasuki tahap visitasi dan penilaian lapangan (field assessment) untuk memilih desa wisata terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Ia menyebut keberhasilan Desa Perlang tak terlepas dari kreativitas masyarakat yang menghadirkan destinasi wisata Danau Pading, dengan berhasil mengolah lahan bekas pertambangan yang dimanfaatkan sebagai objek wisata dan berimbas mengangkat kehidupan masyarakat sekitar.

Sehingga ia menegaskan bahwa keberlanjutkan sektor pertambangan dan pariwisata dapat terus seiring berjalan, asalkan aspek keberlanjutan lingkungannya harus terus terjaga dan utamanya, lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal harus diutamakan.

“Jadi kita bukan bersaing tetapi bersanding, bagaimana kelanjutan pariwisata yang berkualitas itu diiringi dengan jalannya usaha tambang yang sustainable dan memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, kementeriannya bakal membuka 1,1 juta lapangan kerja tahun ini. Lapangan kerja itu bersumber dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satu yakni dengan program desa wisata ini.

Untuk itu ia berharap, Desa Wisata Perlang dapat terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerahnya. Pihaknya juga akan memberikan dukungan dengan memberikan pelatihan, mempromosikan produk UMKM secara digital, serta akan membangun homestay di kawasan Danau Pading.

Dalam kunjungan ini, Menteri Sandi juga menandatangani prasasti 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2022 serta menanam bibit pohon simpur bersama Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.

Sementara itu, Ridwan Djamaluddin mengapresiasi kreativitas masyarakat Desa Perlang yang memanfaatkan bekas galian tambang timah di desanya untuk menjadi desa wisata. Menurutnya, itu hal yang luar biasa, tinggal bagaimana mengembangkan aspek promosi desa wisata tersebut.

“Promosi harus ditingkatkan, nantinya di sini kita dorong akan rutin diadakan kegiatan pariwisata,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan mulai mengembangkan kapasitas sumber daya manusia agar memahami strategi promosi desa wisata, dan tentunya akan memberikan dukungan pembangunan infrastruktur dasar yang akan dilakukan secara beriringan, dimulai dari yang paling diprioritaskan.

“Bagi saya pariwisata itu adalah bisnis perasaan, bagaimana membuat wisatawan yang datang harus senang dan berkesan, sehingga tidak hanya datang sekali, namun akan kembali dan mengajak rekannya,” tutupnya.

Tak hanya Danau Pading, Desa Wisata Perlang juga memiliki berbagai destinasi wisata lain yang tidak kalah indah seperti Bukit Pading, Air Terjun Sadap, dan Gusung Perlang. Desa Wisata Perlang juga memiliki keberagaman seni tradisi dan budaya seperti tari sekapur sirih, tari campak, dan barongsai. (*)


Sumber : Dinas Kominfo