oleh

Rakor Pemantapan Sungailiat Triathlon 2019, Rute Masih Bisa Berubah

BANGKA — Direktur PT Pantai Timur Sungailiat selaku Event Organizer Sungailiat Triathlon 2019, Thomas Jusman, dalam paparannya mengatakan, output hasil kegiatan Pre Event Sungailiat Triathlon 2019 ini adalah menghasilkan jarak tempuh, kategori, khusus lokal, dan rute terbaru. Sejumlah kategori yang akan diperlombakan di antaranya Sprint Individual, Standar Distance, Long Distance, dan Relay.

“Sungailat Triathlon ini tujuannya adalah sebagai ajang sarana untuk mendatangkan atau memajukan wisata daerah. Efeknya yang sangat penting, atau promosi yang harus kita garap dengan serius, yang kita lihat sebelumnya atau yang sudah skala nasional,” kata Thomas Jusman pada Rapat Koordinasi dan Pemantapan Sungailiat Triathlon di OR Bina Praja Kantor Bupati Bangka, Kamis (23/05/2019).

Sudah 60 Calon Peserta Yang Mendaftar

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Sungailiat Triathlon 2019, Dustin, mengungkapkan sudah ada sekitar 60 calon peserta yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, sembilan orang di antaranya merupakan anak-anak usai 12 tahun, dan akan diikutkan dalam kategori Duathlon.

“Tahun ini sudah ada sekitar 60 peserta yang sudah mendaftar. Ada anak-anak yang berusia 12 tahun berjumlah sembilan orang mau ikut kategori Duathlon, apakah diperbolehkan atau tidak? Mungkin kami harus konsultasikan dulu, mungkin mereka perlu didampingi aja, dan akan kita pertimbangkan,” ungkap Dastin.

Masyarakat Ingin Rute Sungailiat Triathlon Lewati Jalur Kota

Sekcam Sungailiat, Al Imran, mengatakan pihaknya mendapat usulan dari masyarakat, yang menginginkan panitia mengubah rute Sungailiat Triathlon 2019, tetap melewati jalan kota sehingga bisa lebih menarik. Rencananya, event Sungailiat Triathlon akan digelar pada 15 Juni medatang.

“Banyak masyarakat kita yang ingin acara triathlon ini melewati kota agar bisa menunjukan kota sungailiatnya dan warga juga tidak jauh untuk melihat langsung. Warga sukanya melihat atlit-atlit ini saat beraksi. Kalau langsung ke lintas timur, mereka merasa kejauhan. Ditambah lagi kalau rutenya cuma disitu-situ saja, acara ini bukan kemajuan, tapi malah kemunduran,” ungkapnya Ali Imran pada rapat tersebut.

Menanggapi usulan warga yang disampaikan Ali Imran tersebut, panitia penyelenggara Sungailiat Triathlon 2019, Bambang Patijaya mengatakan, berubahnya rute triathlon tahun ini karena untuk memenuhi aturan dari triathlon internasional. Selain itu, pria yang akrab disapa BPJ itu mengatakan, bahwa rute baru tersebut untuk kenyamanan dan kemanan masyarakat serta peserta.

“Kita belum 100 persen memenuhi aturan dari triathlon internasional yang tidak melewati jalan kota. Jadi kita alihkan, Start dari Tanjung Pesona langsung ke Jalan Lintas Timur. Rute kota itu ramai, jadi harus ada penutupan jalan, jadi kita rubah, takutnya nanti aktifitas masyarakat malah terganggu,” terangnya.

Rute Sungailiat Triathlon Masih Bisa Berubah

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan mengatakan, akan melakukan rapat internal bersama Bupati Bangka dengan panitian penyelenggara.

“Inikan masukan. Jadi kita akan rapatkan lagi sama bupati, bagaimana bagusnya nanti?” kata Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan, rute tersebut masih bisa berubah, namun harus persetujuan semua pihak yang ada di dalamnya, dengan memperhatikan keselamatan dan kenyamanan peserta, juga masyarakat. (Sho/Mg)

Komentar

Tinggalkan Balasan