oleh

Relasi Ini Ungkap Penyebab Menurunnya Partisipasi Pemilih

BANGKA — Usai mengikuti pembukaan Bimtek, Relawan Demokrasi (RELASI) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Kamis (17/1/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat, Rani, salah satu peserta Relasi dari Dusun Air Pelempang, Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, memberikan pendapat terkait penurunan partisipasi pemilih pada setiap momen pemilu.

Mahasiswi yang masih aktif kuliah jurusan ilmu politik UBB itu mengatakan, sebagai masyarakat pemegang kekuasaan tertinggi, harus punya peran di setiap penyelenggaraan Pemilu.

“Saya sebagai masyarakat merasa terpanggil untuk berperan positif pada momen penyelenggaraan Pemilu” katanya.

Rani melanjutkan, sebagai tenaga Relasi harus memberi pemahaman betapa pentingnya memilih pemimpin lewat pemilu, salah satu upaya yang akan dilakukan, yakni mensosialisasikan pemilu lewat media sosial.

“Upaya yang dilakukan terkait pentingnya memilih pemimpin lewat pemilu, salah satunya sosialisasi lewat media sosial” jelasnya.

Menurutnya, penyebab menurunnya jumlah partisipasi pemilih adalah, karena masyrakat sudah kenyang dengan janji – janji para pemimpin.

“Hasil wawancara kita beberapa hari lalu ke salah satu wilayah, kurangnya animo masyarakat untuk memilih berdasarkan pendapat mereka, karena masyarakat sudah kenyang akan janji – janji pemimpin” ungkap Rani.

Masih kata Rani, ada juga masyarakat berpendapat, ganti atau tidak presiden sama saja.

“Tugas kami selaku tenaga Relasi mengubah peresepsi ini” tukasnya. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed