oleh

Relasi KPU Bangka Ikut Bimtek

BANGKA — Sebanyak 55 peserta Relawan Demokrasi (RELASI) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka dari delapan kecamatan, mengikuti Bimbingan Teknis yang diselenggarakan Kamis (17/1/2019) pagi, di Manunggal Hotel Sungailiat.

Nampak hadir pada acara tersebut Ketua KPU Bangka, PPK se Kabupaten Bangka, dan para peserta Bimtek.

Ketua KPU Bangka M. Hasan dalam kata sambutannya mengatakan, Relasi ini program KPU RI.  Tujuan dibentuknya Relasi adalah untuk pencapaian target peningkatan partisipasi pemilih 77.5 % tahun 2019. Mengingat dari tahun ke tahun partisipasi pemilih pada setiap agenda Pemilu, selalu mengalami penurunan.

“Program relasi ini adalah program KPU RI, dimana tujuan rekrut Relawan Demokrasi ini sebagai tenaga teknis dalam pencapai peningkatan jumlah partisipasi pemilih, dicanangkan KPU RI sebesar 77.5 %” kata M. Hasan.

Dia melanjutkan, program relasi ini berdasarkan Surat Edaran KPU RI  Nomor : 32/PP.08-SD/06/KPU/1/2019, setiap KPU Kabupaten / Kota merekrut 55 orang relawan. Tugas mereka lebih kepada sosial penyelenggaraan Pemilu.

“Kegiatan Bimtek Relasi Demokrasi ini berdasarkan surat edaran KPU RI. Bahwa setiapKPU Kota atau Kabupaten merekrut tenaga Relasi Demokrasi sebanyak 55 orang, untuk ditempatkan wilayah kecamatan dengan tugas mereka lebih ke sosialisasi” jelasnya.

Masih kata M. Hasan, dengan adanya Relasi Demokrasi ini, diharapkan partisipasi pemilih bisa lebih meningkat, khususnya  di Kabupaten Bangka. Mengingat dari data yang ada, Bangka sangat signifikan penurunan partisipasi pemilih, pada setiap momen Pemilu.

Bagi dunia pendidikan seperti fakultas ilmu politik, jika ingin melakukan peniltian terkait penurunan minat masyarakat memilih, KPU Bangka siap memfasilitasi, terutama terkait data pelaksanaan berbagai Pemilu. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed