PANGKALPINANG — Pengembangan pariwisata turut menjadi perhatian Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.

Pembahasan tentang pariwisata tersebut dibicarakan dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi kepariwisataan se-Babel di Ruang Rapat Pasir Padi, Rabu (16/12/2022).

Hadir dalam rakor tersebut, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Dinas Pariwisata se-kabupaten/kota, dan Tim Kreatif dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI.

Dikatakan Ridwan, hal yang mendasari dirinya menggelar rakor ini guna mendapatkan segala informasi tentang pariwisata di Babel dari masing-masing kabupaten/kota.

“Pertama kita kumpulkan informasi apa saja yang sudah dilakukan, karena tujuan kita untuk mengemas promosi, serta menyiapkan diri kita dengan destinasi dan infrastruktur yang memadai,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi tersebut, diterangkan dia, bahwa masing-masing kabupaten/kota sudah mempunyai program prioritas dan fokus untuk mengembangkan pariwisatanya.

“Hanya saja sisi promosi. Ini akan kita bahas lagi untuk mengemas paket-paketnya,” jelas Ridwan.

Hanya saja, diakui dia, geografis atau jarak tempuh tempat destinasi ini masih menjadi kendala. Pihaknya pun akan membuat strategi. Termasuk mengundang ahli pariwisata yang pengalaman, dan pelaku usaha wisata.

“Jangan sampai jarak jauh ini membuat pengunjung jadi kecapaian di jalan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan juga menjelaskan ada keinginannya untuk mengusulkan wisata kesehatan dengan memanfaatkan rumah sakit agar Babel menjadi rujukan perawatan.

“Kita padukan supaya menjadi suatu program. Oleh sebab itu, saya harapkan bisa mendapat informasi ini, agar ada hal penting guna mendorong Babel ini semakin cepat pembangunannya,” pungkasnya. (*)


Sumber: Dinas Kominfo