Ritual Adat Nujuh Jerami, Aset Budaya Kabupaten Bangka

HEADLINE131 Dilihat

BANGKA — Bupati Bangka Mulkan SH.MH mengatakan, perayaan nujuh jeramih masuk agenda tahunan Kabupaten Bangka dan sebagai salah satu objek wisata.

Hal itu diungkapkan Mulkan saat kata sambutannya pada pembukaan acara festival adat budaya, Sabtu (20/4/2019) pagi Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu.

“kegiatan nujuh jeramih ini sudah masuk kalender Kabupaten Bangka yang dilakukan setiap bulan April serta merupakan objek wisata dalam melestarikan adat budaya,” kata Mulkan

Bupati Bangka itu juga menyampaikan bahwa Kabupaten Bangka khusus padi sawah produksinya belum terlihat hasilnya karena budaya petani masih menekuni bidang padi ladang.

“sudah banyak sawah yang tercetak di Kabupaten Bangka, namun belum ada kelihatan produksi berasnya, karena petani kita bukan ahli di bidang padi sawah, budaya selama ini padi ladang. Kedepan kita akan mendatangkan ahli untuk mendidik petani kita bagai mana bercocok tanam padi sawah sebenarnya,” jelasnya.

Masih kata Mulkan kepada OPD terkait sawah yang sudah di cetak segera dikelalo agar produksi beras bisa memasok untuk kebutuhan daerah Kabupaten Bangka.

Nampak hadir pada acara tersebut , Perwakilan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka, kepala OPD, Camat Belinyu, beserta undanganlainnya. (AR77)

Tinggalkan Balasan