oleh

Riza Komitmen Dukung Program Guru Cakap Bermedia Digital

BANGKA SELATAN – Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid selaku Wakil Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), mengikuti Launching Platform Sahabat Guru secara virtual, Kamis (16/9/21).

Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Guru Cakap Bermediasi Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global”, diikuti seluruh guru peserta di Kabupaten Bengkulu Utara, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan & Kebudayaan, Himmatul Hasanah.

Bupati Riza yang mewakili Ketua Umum APKASI, Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan komitmen APKASI dalam mendukung Program Guru Cakap Bermedia Digital.

“Tantangan di ruang digital saat ini semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan yakni politik, pemerintahan, ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan. Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan,” katanya.

Menurut dia, Literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

Hal ini menjadi tantangan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyiapkan human resource digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital.

Dalam perspektif pendidikan, lanjut Riza, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini.

Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini.

“Serta melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter,” urai Riza.

Oleh karena itu, APKASI sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah, dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital.

Dan kepada seluruh peserta, bahwa selama 10 tahun terakhir Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik di 180 daerah di Indonesia.

“Kami meyakini dengan sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan Pendidikan di tanah air dan APKASI bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform sahabat guru siap mengawal literasi digital di daerah agar dapat bersaing di era digital,” jelasnya. (Yusuf)



News Feed