oleh

Romadi Beberkan Dasar Pembentukan FKPM

BANGKA — Ketua Forum Kemitraan Polisi Dan Masyarakat Provinsi Bangka Belitung, Rohmadi Hamid mengungkapkan dasar-dasar pembentukan FKPM di seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu diungkapkan Romadi Hamid dalam sambutannya, saat pengukuhan dan pelantikan FPKM se-Kecamatan Pemali, pada Senin (24/02/2020) malam, di Halaman Mako Polsek Pemali.

Mengawali sambutannya, Romadi Hamid mengucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan, dalam acara pengukuhan dan pelantikan FKPM se Kecamatan Pemali.

“FKPM adalah sebuah kelembagaan. Mengingatkan kembali 75 tahun yang lalu, di dalam UUD 1945 Pasal 28 menjelaskan, bahwa seluruh warga negara bebas berserikat dan berkumpul untuk menyampaikan pendapat. Kemudian pada Pasal 30, setiap warga negara berhak dan berkewajiban untuk turut serta dalam menjaga ketahanan dan keamanan NKRI,” ungkapnya.

Berawal dari embrio itu, kata Romadi Hamid, FKPM dibentuk dalam rangka Grand Strategi Polri, sebagai model perpolisian masyarakat dalam penyelenggaraan tugas Polri. FKPM khususnya di desa-desa agar dipenuhi, sebagai problem solving pemeliharaan Kamtibmas secara mandiri di masing – masing desanya.

“Jadi Polri ini adalah paradigmanya. Yang pertama adalah Trust Building, yang kedua adalah Partnership. Maka dengan Grand Strategi itu, tahun 2005 keluarlah Surat Keputusan Kapolri Nomor 737 Tentang Strategi Penerapan Model Pemolisian Masyarakat Dalam Penyelanggaraan Tugas Polri,” bebernya.

Dikatakannya, dia sudah memberikan di dalam map untuk dibagikan kepada pengurus FKPM, tentang bagaimana landasan hukum pembentukan FKPM. Bagaimana tugas FKPM? Apa larangannya untuk FKPM? Operasional FKPM, dan bagaimana kemitraannya dengan Kepolisian?

“Pada tahun 2006, keluar lagi Surat Keputusan Kapolri Nomor 433. Di dalam Bab IV butir 12-15, itu disebutkan Panduan Pendirian FKPM. Kemudian keluarlah Perkap Nomor 7 Tentang Implementasi Dan Axcelaracy atas Surat Keputusan 433 tadi,” kata dia.

Ditemui usai kegiatan, Romadi Hamid mengatakan, bahwa FKPM yang dibentuk oleh Polsek Pemali ini dapat dijadikan contoh oleh Polsek-Polsek lainnya.

“FKPM bentukan Polsek Pemali ini bisa dijadikan contoh oleh Polsek lain. Kalau Polsek Pemali bisa, Polsek yang lain juga pasti bisa,” tegasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan