HEADLINEHUKUM KRIMINAL

Ruang Arsip Bakuda Digeledah

×

Ruang Arsip Bakuda Digeledah

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Penyidik Sub Direktorat III Tindak Pidana Korupsi Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung menggeledah Ruang Arsip Kantor Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (21/2) pagi.

Belum lama ini, penyidik Subdit III Tipikor juga telah melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Kesehatan dan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Direktur Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepulauan Bangka Belitung melalui Kasubdit III Tipikor AKBP Rully Tirta Lesmana mengungkapkan, penggeledahan dilakukan untuk mencari bukti-bukti dugaan korupsi pengadaan alat-alat kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2011 silam.

“Untuk mencari dokumen – dokumen yang berkaitan dengan pengadaan alat-alat kesehatan tahun 2011 di Dinas Kesehatan Provinsi Babel, tapi Alkes itu untuk Rumah Sakit Umum Provinsi,” ungkapnya.

Rully mengatakan, penggeledahan Arsip Bakuda untuk mengetahui kegiatan pengadaan Alkes Tahun Anggaran 2011, yang dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan.

“Dulu kita fokus cek fisiknya, sekarang BPK minta dokumen mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatannya,” jelasnya.

Rully tak menampik adanya beberapa kendala yang dihadapi penyidik dalam mengungkap kasus dugaan korupsi pengadaan Alkes tersebut. Di antaranya pejabat yang bersangkutan sudah tidak ada lagi, dan sistem pengarsipan dokumen yang kurang tertata rapi.

“Tapi kalau arsip dokumen di Bakuda sini lumayan baguslah,” ujarnya.

Masih kata Rully, semua pihak yang terkait dengan kegiatan pengadaan Alkes tahun anggaran 2011 itu sudah diperiksa dan dimintai keterangan.

“Semua pihak terkait sudah dimintai keterangan, kecuali yang sudah meninggal dunia,” tukasnya. (Romlan)