oleh

Rusunawa Dijadikan Tempat Karantina

PANGKALPINANG — Pemerintah Kota Pangkalpinang, tak henti-hentinya untuk mencegah penyebaran Covid – 19 di Kota Beribu Senyuman.

Kali ini, Pemkot Pangkalpinang berencana akan menyiapkan sebanyak 100 Ruang Karantina di Rusunawa, guna mengantisipasi Orang Dalam Pemantauan maupun Orang Dalam Pengawasan kategori ringan.

“Kurang lebih 100 lokal untuk persiapan ini. Inilah di blok C ini. Mungkin ada 10 yang disini akan kita geser kesebelahnya,” ungkap Walikota Pangkalpinang, H. maulan Aklil.

Disampaikannya, untuk kamar karantina tersebut akan dikasih portal dan diawasi demi mencegah ada yang kabur.

“Ini nanti kita portal, dan diawasi juga. Jadi nanti tempat yang digunakan untuk isolasi itu, ini tok,” jelasnya.

Menurut pria yang akrab disapa Molen ini, ruang karantina diberlakukan untuk ODP dan PDP dalam kategori ringan.

“Yang tidak mampu yang kita tampung disini. Yang bagi mereka tidak tahu mau makan dimana, atau mereka yang tidak tahu mau tinggal dimana. Dan bagi yang tidak mau tinggal disini tetap kita anggap ODP, dan yang mau tetap dalam pengawasan kita,” tuturnya.

Dikatakannya bahwa dalam minggu ini akan disiapkan untuk bisa digunakan.

“Minggu ini Insya Allah selesai. Tempat tidur dan kipas angin kita akan siapkan,” tukasnya.

Walikota Pangkalpinang ini mengatakan untuk anggaran yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

“Tidak terlalu besar. Karena kita hanya menyiapkan kasur dan peralatan lainnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Hakim mengatakan bahwa yang nanti akan dibawa ke rusunawa tersebut akan di observasi selama 14 hari.

“Jadi orang yang nanti disini itu akan kita observasi selama 14 hari dengan kita berikan makanan asupan gizi. Apabila ada kemungkinan yang terburuk, baru akan kita kirimkan kerumah sakit,” ungkap dr. Hakim.

Menurutnya, tenaga medis akan disiapkan 4 orang dan juga pengamanan dari Polisi dan TNI juga akan ditempatkan disini guna mencegah jika orang tersebut untuk berkeliaran. (Iqbal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed