oleh

Saka Bahari Explore Pulau Pongok dan Celagen

BANGKA SELATAN — Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung, menggelar kegiatan Seascout Explore di Pulau Pongok dan Pulau Celagen, Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat, 9 April 2021, diikuti 25 anggota, didampingi 6 instruktur dan Pamong Saka.

Muhammad Irham, Wakil Ketua Pinsaka Bahari Babel menerangkan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang mengasah pengetahuan dan keterampilan kebaharian bagi adik-adik pramuka dengan metode learning by doing.

Selama kegiatan, peserta akan menikmati perjalanan laut dengan kapal kayu selama kurang lebih 4 jam. Mereka juga akan melihat langsung kehidupan masyarakat di pulau, yang letaknya persis di antara Pulau Bangka dengan Pulau Belitung.

“Peserta mengamati langsung proses penangkapan ikan dengan bagan perahu, mengamati proses pengolahan dan pengawetan ikan, dan kegiatan seru lainnya. Tentu saja kegiatan ini beradaptasi dengan era kebiasaan baru, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid 19,” bebernya.

Kak Kamaludin selaku Ketua Kwarran Pramuka Pongok menyampaikan, pihaknya menyambut positif dan membuka diri menerima kunjungan adik-adik Pramuka Saka Bahari.

Dengan kedatangan Pramuka Saka Bahari di Pulau Pongok dan Pulau Celagen ini, kata Dia, dharapkan bisa membantu mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal Kepulauan Pongok kepada masyarakat luas.

“Banyak tempat-tempat wisata di pulau pongok ini, tidak kalah dengan tempat wisata yang terkenal di indonesia,” demikian Kamaludin. (*)

News Feed