BANGKA SELATANHEADLINE

Sambangi Menteri Hukum HAM, Bupati Riza Bahas Pendirian LP

×

Sambangi Menteri Hukum HAM, Bupati Riza Bahas Pendirian LP

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid temui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly di ruang kerjanya bertempat di gedung Kementerian Hukum HAM RI Jakarta, Selasa (05/10/21).

Kehadiran Bupati di Kementerian itu bertujuan untuk membicarakan beberapa programnya, salah satunya adalah permohonan pendirian Lembaga Pemasyarakatan di Kabupaten Bangka Selatan yang sangat perlu di dukung oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian tersebut.

Bupati menjelaskan Kabupaten Bangka Selatan adalah Kabupaten Kepulauan yang memiliki jumlah penduduk lebih kurang 215.000 jiwa. Hal ini menjadikan Kabupaten yang berdiri dari Tahun 2004 secara definitif, dan menjadi kabupaten yang unik dengan beragam keunggulan.

Maka dari itu, lanjut Bupati bahwa keberadaan Lembaga Pemasyarakatan di Kabupaten Bangka Selatan menjadi hal yang serius untuk diperjuangkan pihaknya, setelah Kejaksaan, Kodim, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama masuk di Bangka Selatan.

“Untuk itu, kedatangan ke Pak Mentri, mohon doa restu seluruh masyarakat Bangka Selatan agar Kabupaten Bangka Selatan semakin sejahtera dan berhasil membangun sesuai harapan masyarakat,” tuturnya didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, Gatot Wibowo.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini mengutarakan produk unggulan daerah yang menuju proses paten. Produk tersebut adalah terasi Bangka Selatan. Menurut dia, terasi di tempatnya mempunyai potensi besar untuk dikembangkan, karena berbahan baku hasil laut dan perikanan yang berlimpah.

“Dan tak lupa Pemerintah Kabupaten mngucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bangka Selatan, khususnya masyarakat Desa Bikang yang berkenan menghibahkan lahan kepada Pemerintah untuk pendirian Lapas seluas lebih kurang 3 hektar, terimakasih Pak Kades Zulpan,” tandasnya.

Menyahuti laporan tersebut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly memberikan Apresiasi kepada Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid atas pendirian Lembaga Pemasyarakatan di Desa Bikang.

Menteri Yasonna pun langsung memberikan instruksi kepada kepada Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM, Kepulauan Bangka Belitung, Anas Saeful Anwar untuk segera berkoordinasi lebih lanjut dengan Direktur Lapas Kementerian. (Yusuf)