oleh

Sasar Masyarakat Dan Pelajar Yang Belum Divaksin

PANGKALPINANG — Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang bersinergi dengan BINDA Babel untuk menyasar ke masyarakat dan pelajar yang belum melakukan vaksinasi.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang, dr. Bangun Cahyo Utomo mengatakan kegiatan ini merupakan program dari BINDA Babel yang bekerja sama dengan KKP dalam melakukan percepatan vaksinasi di Provinsi Bangka Belitung.

“Sasaran kita saat ini adalah remaja. Tetapi kedepan sasarannya untuk mempercepat cakupan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Sehingga Herd Imunity Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baik segera tercapai,” ungkap dr. Bangun, Kamis (18/11/2021), di SMAN 4 Kota Pangkalpinang.

Lanjut dr. Bangun yang juga selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Provinsi Bangka Belitung ini mengatakan sampai saat ini BINDA Babel Dan pihaknya telah melakukan vaksinasi di berbagai daerah.

“Selama ini sudah kita kerjakan di SMA Negeri 4 Kota Pangkalpinang, terus di Kabupaten Belitung dan juga di Kabupaten Belitung Timur, sudah pernah juga untuk masyarakat umum di Desa Sadai Kabupaten Bangka Selatan, dan kemaren juga di SMA Setia Budi, Sungailiat, Kabupaten Bangka juga sudah dilaksanakan,” ucapnya.

Dikatakannya dengan bantuan rekan-rekan dari BINDA Babel, siap untuk masuk atau menyisir ke tempat maupun daerah yang belum di vaksin berdasarkan data dari cakupan yang kurang.

Kepala KKP Kelas III Pangkalpinang ini juga memastikan sampai saat ini percepatan vaksinasi yang dilakukan belum mencapai 100 persen. Akan tetapi pihak nya akan terus berupaya untuk mencapai Herd Imunity.

“Memang mungkin belum 100 persen, tetapi disini kita lihat target remaja kita baru 77 persen untuk vaksinasi pertama, dan 61 persen di vaksinasi kedua. Jadi kita masih ada PR sekitar kurang lebih 23 persen untuk vaksinasi pertama dan 39 persen untuk vaksinasi kedua,” jelasnya.

Menurutnya sampai saat ini tidak ada kendala, dikarenakan baik dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan sangat mendukung kegiatan percepatan vaksinasi ini.

“Alhamdulillah selama ini tidak ada kendala. Baik itu dari Pemerintah Provinsi, Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan telah mensupport dan bergerak aktif untuk percepatan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terutama remaja ini kan untuk percepatan proses pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Dirinya juga berharap dari BIN, TNI-Polri, serta Dinas Kesehatan untuk dapat lebih menyasar ketempat yang belum di lakukan vaksinasi.

“Harapan Kita kedepan seperti dari BIN, TNI-Polri, Dinas Kesehatan itu lebih menyasar ke masyarakat maupun sekolah-sekolah untuk kekurangan tersebut, sehingga Herd Imunity segera tercapai,” pungkasnya. (Iqbal)

News Feed