oleh

Satlantas Polres Basel Cek Kelayakan Kendaraan Bus Umum

BANGKA SELATAN — Satuan Lalu Lintas, Polres Bangka Selatan bersama Dinas Perhubungan Bangka Selatan, melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan bus umum di wilayah, tepatnya di Simpang Nanas Toboali, Senin (2/5/21) pagi.

Kepala Satlantas Polres Basel IPTU Jean Alvin Sinulingga, S.IK, M.SI mengatakan pemeriksaan KIR kendaraan wajib untuk semua jenis angkutan penumpang dalam kota dan antar provinsi. Hal tersebut demi keamanan dan kenyamanan penumpang angkutan umum.

“Tadi bersama Dinas Perhubungan memeriksa kondisi bus baik yang ada di terminal, pelabuhan Sadai dan di jalanan. Tujuanya untuk mengetahui apakah kondisinya layak jalan atau tidak,” kata IPTU Jean Alvin Sinulingga kepada Kabar Bangka.com

Menurut dia, meskipun ada larangan mudik Idul Fitri namun bukan berarti tidak ada pemeriksaan kelayakan kendaraanbus umum. Adapun pemeriksaan seperti kelengkapan Surat Tanda Nomor Kendaraan, buku uji, kartu pengawasan serta fungsi layak kendaraan.

“Pemeriksaan bus tadi pagi sebagai upaya mencegah kejadian hal-hal yang tidak kita inginkan baik itu bus yang diberangkatkan dari Toboali atau dari Pangkalpinang. Selain memeriksa kondisi kelayakan bus, juga memeriksa berbagai surat izin jalan serta kelengkapan surat-surat kendaraan,” jelasnya.

Kasatlantas menambahkan bahwa selain melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan bus umum, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada supir bus. Dia juga mengingatkan kepada pengusaha bus agar mematuhi protokol kesehatan dan tidak membawa penumpang melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan.

“Kami tidak menemukan baik itu sopir atau penumpang yang tidak memakai masker namun tetap berpesan kepada seluruh sopir agar selalu memperhatikan faktor keselamatan penumpang, serta menghimbau seluruh awak kendaraan jika tidak fit badannya menunda perjalanannya,” pungkas Jean. (Yusuf)

News Feed