HEADLINE

Satpolair Polres Basel Tangani 4 Kasus

×

Satpolair Polres Basel Tangani 4 Kasus

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Satuan Polisi Air Udara Polres Bangka Selatan, merilis laporan terkait kasus yang telah ditangani korps baju navy blue tersebut dari Januari hingga Agustus 2021.

Kepada KabarBangka.com, Kasat Polairud AKP Slamet Riyadi menuturkan, Satpolair Polres Bangka Selatan telah menangani 4 kasus yaitu yaitu 3 kasus illegal mining dan 1 kasus laka laut.

“Hingga bulan Agustus 2021 ada 3 penindakan  illegal mining, atau melakukan pertambangan tanpa izin, dengan 6 orang tersangka dan 1 kasus laka laut  yang ditangani oleh Polair Bangka Selatan,” ujarnya, Kamis (09/09/21).

Diungkapkan AKP Slamet Riyadi, dari penindakan illegal mining itu sebanyak 3 unit ponton TI Apung jenis tungau dan beserta perlengkapan tambang lainnya, dijadikan barang bukti yang diamankan. Sedangkan untuk kasus tersebut yang sudah selesai tahap II, yaitu 3 penyelesaian tindak pidana kasus illegal mining dan 1 kasus laka laut.

“Ada 1 kasus yang masih dalam proses penyelidikan. Kalau untuk kendala, Alhamdulillah, hingga saat ini tidak belum ada dan semuanya tersangka tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas dia.

Menurutnya bahwa saat ini pihak punya kapal yang siap awasi perairan Negeri Junjung Besaoh. Adapun fokus kapal tersebut menjelang akhir tahun ini adalah pada ilegal fishing dan ilegal mining, pihaknya terus mengawasi dan menjaga lokasi yang rawan diwilayahnya.

“Kita ada 3 kapal, 1 unit type C2 dan 2 unit type C3. Jadi seperti target pimpinan kita harus tuntaskan ini masalah ilegal fishing dan ilegal mining dan anggaran masih mencukupi untuk mencapai target tersebut,” tegasnya.

Dia menambahkan, awal musim hujan akan terjadi pada Oktober sampai Desember, sementara puncak musim hujan terjadi pada Januari – Februari. Namun, setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-berbeda dalam memasuki musim hujan.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta tidak lupa melengkapi dokumen dan dokumen muatan kapal serta dokumen alat tangkap kapal.

“Utamakan keselamatan apabila turun kelaut mengingat cuaca sekarang pancaroba dan apabila mengetahui kejadian tindak pidana di perairan Bangka Selatan agar segera melaporkan ke kantor Satpolairud Polres Bangka Selatan,” tandasnya. (Yusuf)