oleh

Satu WNA Masuk DPT Tak Bisa Memilih

M. Hasan
Ketua KPU Kabupaten Bangka

BANGKA — Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, M. Hasan mengatakan, berdasarkan pernyataan Ketua KPU RI ada 102 warga negara asing yang masuk Daftar Pemilih Tetap secara nasional, salah satu ada di Kabupaten Bangka.

Hal itu disampaikan M. Hasan di ruang kerjanya, usai membuka kegiatan lomba kreasi seni pemilih pemula yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Bangka, Sabtu (9/3/2019) pagi di halaman KPU Bangka, dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, perwakilan Polres Bangka, beserta undangan lainnya.

“Dari 102 warga negara asing yang masuk sebagai partisipasi pemilih secara nasional, salah satunya ada di Kabupaten Bangka, karena yang bersangkutan menikah dengan warga Sungailiat,” ungkap M. Hasan.

Walaupun masuk partisipasi pemilih, kata M. Hasan, warga negara asing asal negeri tirai bambu tersebut belum bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

“Warga negara asing asal China tersebut belum bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu ini. Pasalnya yang bersangkutan elektronik kartu tanda penduduk Indonesia masih dalam proses, secara aturan itu tidak bisa,” jelasnya.

Masih kata M. Hasan, masuknya warga negara asing tersebut menjadi partisipasi pemilih bukan melalui tahapan coklit oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, melainkan dari daftar penduduk pemilih potensial pemilu yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed