oleh

Sebelum Ditiadakan, Ini Fungsi Penghulu Zaman Dulu

 19 total views

PANGKALPINANG — Keberadaan Penghulu di Desa / Kelurahan sangat berperan penting dan dibutuhkan oleh masyarakat, baik secara sosial maupun keagamaan. Dulu adalah tugas Penghulu Desa yang ditunjuk oleh KUA, selain menikahkan orang, tetapi tugas mereka lebih dari itu, yaitu menjadi orang yang ditokohkan, menyelesaikan permasalahan keagamaan, permasalahan keluarga, dan permasalahan masyarakat. Sejak ditiadakan oleh Kemenag, terjadi kebingungan di masyarakat.

Oleh sebab itu, Pada tahun 2020 mendatang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, berencana memunculkan kembali Penghulu Desa/Kelurahan se Babel. Rencananya, para Penghulu itu akan dibantu insentif sebesar Rp 500.000.

Hal itu disampaikan Gubernur Erzaldi Selasa (2/4/2019) siang, saat memberikan arahan kepada 100 orang Penghulu Desa/Kelurahan Se-Pulau Bangka, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai.

“Kita ingin memunculkan kembali penghulu di desa yang tidak serta merta menikahkan orang, tetapi tugas mereka lebih dari itu, yaitu menjadi orang yang ditokohkan di situ, menyelesaikan permasalahan keagamaan, permasalahan keluarga, dan permasalahan masyarakat,” tegasnya.

Saat menjadi Bupati Bangka Tengah, kata Erzaldi, dalam programnya sudah dibentuk Badan Penasehat Pembina Pelestarian Perkawinan (BP4). Untuk itu, secepatnya Pemprov Babel akan membuat MoU dengan Kanwil Kemenag Babel yang selanjutnya tahun depan diikuti oleh Kabupaten/Kota Se-Babel.

“Koordinator Penghulu Kabupaten, Kecamatan lah yang memilih siapa yang cocok di situ,” ujarnya.

Nantinya, masih kata Gubernur, para penghulu harus menerapkan Sosialisasi Pra Nikah yang tujuan utamanya adalah menekan pernikahan dini sebagai penyebab perceraian. Diakui Gubernur, di Babel saat ini masuk ke dalam empat besar angka perceraian. Pendidikan Pra Nikah dengan dibantu KUA ini, ditambahkan Gubernur, harus diikuti oleh semua pasangan yang akan menikah.

Maka dari itu, Kabupaten/ Kota diminta untuk sesegera mungkin menyampaikan nama – nama yang ditunjuk sebagai Penghulu Desa/ Kelurahan, karena Pemprov Babel saat ini, segera merampungkan Penyusunan Anggaran tahun 2020. (Red)

Sumber : Humas Pemprov Babel

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed