oleh

Sekda Sidak di Lingkungan Pemkab Babar, Tidak Ada Pegawai yang Bolos

BANGKA BARAT — Hari pertama masuk kantor pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melakukan inspeksi mendadak ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ), Senin ( 17/5 ) pagi.

Sidak dipimpin langsung Sekretaris Daerah, Muhammad Soleh. Sasarannya, mengecek kedisiplinan seluruh PNS dan PHL di lingkungan Pemkab Bangka Barat pada hari pertama masuk kantor hari ini.

Menurut Muhammad Soleh, jumlah PNS di lingkungan Pemkab Bangka Barat sebanyak 2.924 orang, sedangkan PHL berjumlah 3.155 orang.

OPD yang didatangi Sekda diantaranya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial serta Kantor Camat Muntok.

” Dalam rangka kita melakukan sidak mengecek keberadaan dari pegawai kita baik PNS ataupun PHL. Alhamdulillah kita sudah melakukan sidak khususnya ke beberapa OPD di bidang pelayanan kepada masyarakat. Para pegawai sudah mulai kembali menjalani aktivitas normal,” kata Soleh.

Dikatakannya, dari sidak ini, tidak ada PNS maupun PHL yang bolos kerja. Dia juga memastikan tidak ada pegawai yang mudik lebaran pada tanggal 6 – 17 Mei 2021.

” Kita temukan pada umumnya pegawai masuk dan kita mengecek di masa larangan mudik, alhamdulillah tidak ada satupun yang mudik. Mereka hadir tapi ada yang terlambat, waktu kita datang tidak ada tapi setelah kita keluar ada mereka datang,” ungkap dia.

Di kesempatan yang sama, Kepala
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ) Bangka Barat, Antoni Pasaribu mengatakan, bagi pegawai yang mangkir atau bolos akan dikenakan sanksi sesuai aturan.

” Ada Peraturan Pemerintah 53 tahun 2010 yang mengatur disiplin pegawai PNS, kalau PHL ada Pergub Nomor 40 tahun 2013. Sanksi ada ringan sampai berat. Kalau berat bisa sampai dipecat, kalau surat peringatan itu kepala OPD harus memberikan surat peringatan kepada pegawai,” ungkap Antoni. ( SK )

News Feed