oleh

Sekolah Demokrasi Bawaslu Babar Cetak Birokrat dan Teknokrat Melek Politik

BANGKA BARAT – Sebagai wujud dari tugas pokok dan fungsi dalam mengembangkan pola pengawasan partisipatif, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Bangka Barat melaunching program Sekolah Demokrasi di Resto Roemah Keboen, Muntok, Rabu ( 6/3/2019 ) pagi.

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengatakan, tujuan dibentuknya Sekolah Demokrasi ini yaitu, mencetak birokrat dan teknokrat masa depan yang melek politik dan melek demokrasi.

” Sekolah Demokrasi menyasar kepada pemilih pemula, kenapa kami harus mengundang seluruh Kepala Sekolah, karena sebagai owner mereka, kami adalah user. Polanya nanti akan kami terapkan adalah pola belajar out door, jadi di luar jam belajar aktif,” papar Rio dalam sambutannya.

Rio melanjutkan, metode yang akan diterapkan dalam Sekolah Demokrasi ini, setiap sekolah setingkat SLTA/Sederajat yang ada di Kabupaten Bangka Barat mengirimkan lima atau sepuluh orang perwakilannya, khususnya siswa kelas XI untuk belajar outdoor namun masih tetap di dalam lingkungan sekolah.

” Dan akan berpindah – pindah. Hari ini minggu ini di SMA Negeri, selanjutnya di MAN, selanjutnya di SMK Karya, begitu seterusnya,” imbuh Rio.

Menurut Rio, program Sekolah Demokrasi yang mereka gagas belum ada di daerah lain. Dia berharap program ini dapat menjadi menjadi pilot project Bawaslu Provinsi Babel untuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahkan untuk Bawaslu di seluruh Indonesia.

Dilain pihak, Ketua Bawaslu Bangka Belitung, Edi Irawan, S. Ag., yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, pihaknya memberikan keleluasaan kepada Bawaslu kabupaten/kota untuk berimprovisasi, bekerjasama dengan pihak manapun untuk membuat program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pemilih.

” Mudah – mudahan kegiatan ini menjadi sebuah wadah, sarana untuk memberikan pendidikan politik terkait dengan demokrasi di Indonesia kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial atau pemilih pemula, jadi memberikan pemahaman tentang politik, kepemiluan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ujar Edi.

Acara ini dihadiri pula Plt. Bupati Bangka Barat, Markus, SH., Kajari Bangka Barat, Neva Sari Susanti, Kabag Ops Polres Bangka Barat, Kompol Andi Haloho, KPU Bangka Barat beserta jajaran, segenap Kepala Sekolah dan undangan lainnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed