BANGKA TENGAHHEADLINE

Sektor Perkebunan Berikan Kontribusi Cukup Besar

×

Sektor Perkebunan Berikan Kontribusi Cukup Besar

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Bupati Bangka tengah, Algafry Rahman mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah fokus membangun dan mengembangkan komoditas unggulan melalui sub sektor perkebunan, guna mewujudkan stabilitas perekonomian masyarakat.

Di beberapa daerah, kata dia, sub sektor perkebunan memberikan kontribusi yang cukup besar, termasuk Kabupaten Bangka Tengah, dengan potensi kawasan perkebunan di 6 Kecamatan seluas 53.194,50 Hektar.

“Pembangunan perkebunan diharapkan pada sistem agrebisnis yang berdaya saing, berkeadilan, dan berkelanjutan,” ujarnya, Jum’at (1/10).

Dalam upaya membangun sistem ini, lanjut Algafry, pemerintah dihadapkan dengan sejumlah tantangan yang kompleks, salah satunya adalah tingkat produktivitas dan mutu hasil perkebunan yang masih belum optimal.

“Tingkat produktivitas kita masih belum optimal, sehingga berakibat pada nilai tambah komoditas perkebunan yang masih rendah,” ujarnya.

Masih kata Algafry, kurang memadainya infrastuktur juga berpengaruh pada efisiensi distribusi dan pemasaran produk perkebunan. Ditambah saat ini dengan kondisi Pandemi, yang menyebabkan perlunya usaha lebih dalam pengembangan komoditas perkebunan.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya mengembangkan komoditas perkebunan, melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan yang berfokus pada komoditi unggulan, di antaranya lada, kelapa sawit, karet dan kopi,” pungkasnya. (Hari Yana)