HEADLINEPEMPROV BABEL

Sekwan Jadi Kunci Perwujudan Harmonisasi

×

Sekwan Jadi Kunci Perwujudan Harmonisasi

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Jabatan Sekretaris Dewan merupakan jabatan strategis, dan berbeda dengan jabatan perangkat daerah lainnya. Seorang Sekwan harus bisa menjembatani urusan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD.

Hal ini dikatakan Sekretaris DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris, di depan puluhan Sekwan Kabupaten/Kota Wilayah Jawa, saat menjadi salah satu pembicara dalam acara FGD Peningkatan Kinerja Kemitraan DPRD, di hotel Golden Boutique Jakarta, Selasa (15/6).

Karena posisinya yang strategis, kata Haris, sehingga tantangan dan potensi yang dihadapi berbeda dengan perangkat daerah lainnya. Sekwan harus dapat menselaraskan tugas sebagai fasilitator anggota DPRD, dan kepanjangan tangan dari Kepala Daerah.

“Sekwan memegang kunci sebagai mediator antara legislatif dan eksekutif, sehingga harus bisa mewujudkan harmonisasi antara legislatif dan eksekutif,” ujarnya.

Ditegaskan Haris, berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, DPRD dan Kepala Daerah memiliki kedudukan yang setara dan bersifat kemitraan.

Dibandingkan dengan SKPD lainnya yang mempunyai satu pimpinan, Sekretaris DPRD harus bertanggung jawab baik kepada lembaga eksekutif (Kepala Daerah), maupun lembaga legislatif (Pimpinan dan Anggota DPRD).

Selain itu, menurutnya, seorang Sekwan harus memiliki kemampuan dan keahlian yang mumpuni. Selain profesionalitas dan kemampuan manajerial yang baik, Sekwan juga harus menguasai aspek komunikasi dalam menjembatani kepentingan DPRD dan Kepala Daerah dalam pembangunan daerah.

“Kalau Dewan dan Kepala Daerah tidak harmonis, ini merupakan kegagalan dan tanggung jawab dari seorang Sekretaris Dewan. Untuk itulah diperlukannya komunikasi yang selaras antara DPRD dengan Kepala Daerah melalui sosok Sekretaris Dewan ini,” pungkasnya. (*)