oleh

Seluruh Desa Dicanangkan Memiliki Perpustakaan

BANGKA TENGAH — Budi Utama selaku Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Bangka Tengah mengatakan, saat ini ada 32 Desa yang sudah memiliki Perpustakaan, dan dicanangkan pada Tahun 2020 seluruh Desa Mempunyai Perpustakaan Desa.

“Sekarang ini sudah 32 Desa memiliki Perpustakaan, dan kita mencanangkan tahun 2020 nanti sebanyak 42 Desa yang belum mempunyai Perpustakaan akan mempunyai Perpustakaan dari 56 desa yang ada. Untuk mencapai itu semua, kita akan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa dalam penyusunan RKP Desa Tahun 2020 nanti, dan untuk Kelurahan baru ada empat Kelurahan yang memiliki Perpustakaan, sedangkan tiga Kelurahan lainnya akan dibangun Perpustakaan tahun 2020,” ujarnya, Selasa (26/02/2019).

Masih kata Budi Utama, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, setiap perpustakaan yang ada akan dilengkapi dengan buku tentang pertanian, buku rumah tangga, buku nelayan dan cerita dan lain sebagainya.

“Untuk menarik minat masyarakat dalam membaca, nantinya pihak Desa dan pengurus Perpustakaan akan meminta kepada masyarakat buku tentang apa yang ingin mereka baca. Lalu sampaikan ke kita dan akan disiapkan buku yang mereka minati itu, sehingga nantinya bisa menarik minat membaca, dan pengunjung Perpustakaan akan ramai. Selain itu juga 2020 nanti akan ada layanan pembuatan kartu baca melalui perpustakaan, dan Desa nanti yang melakukan pendataan saja, sedangkan untuk pembuatan kartu perpustakaan Desa itu dipercetakan Daerah,” terangnya.

Selain mencanangkan perpustakaan desa di seluruh desa yang ada di Bangka Tengah pada tahun 2020 mendatang, Budi mengatakan pihaknya juga mencanangkan seluruh taman bermain yang ada di Desa saat ini akan dibuatkan pojok baca dan pojok Literasi.

“Dengan adanya pojok baca dan pojok literasi ini dapat meningkatkan wawasan anak – anak sambil bermain. Harapannya dengan adanya pojok baca dan pojok literasi ini agar cerdas masyarakatnya, dan Unggul Bangka Tengahnya,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed