oleh

Semarak Ramadhan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam

 29 total views

BANGKA — Kegiatan semarak Ramadhan yang sebelumnya bernama Ramadhan Ceria merupakan program unggulan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam di bidang keagamaan, tahun ini merupakan kali ke-empat dilaksanakannya kegiatan tersebut. Sejak masa kepengurusan saudara Rifki Ahmad selaku ketua Karang Taruna sebelumnya dan dilanjutkan kembali oleh Saudara M. Tohir selaku ketua karang taruna sekarang melalui Divisi Keagamaan.

Dalam Semarak Ramadhan Karang Taruna IDAMAN Desa Rukam kali ini terdiri dari beberapa agenda diantaranya; pertama Syi’ar Ramadhan yang diisi oleh pemuda-pemuda dan tokoh masyarakat sebelum berbuka di Masjid Al-Wustha Desa Rukam yang kedua adalah bimbingan tahfidz anal-anak Desa Rukam yang ketiga adalah Festival Ramadhan Ceria dan yang terakhir adalah Program Satu Rumah Satu Tujuh Likor.

Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua karang taruna Desa Rukam Saudara M. Tohir pada acara penutupan acara terebut.

Agenda yang bertajuk Semarak Ramadhan Karang Taruna Idaman Desa Rukam ini telah dibuka pada H-1 Ramadhan, sebagai sasran kegiatan ini adalah anak-anak Desa Rukam seusia SD dan SMP yang memiliki keinginan untuk mempelajari dan menghafal al-Qur’an.

Program Tahfidz Al-Qur’an yang merupakan bagian dari agenda tersebut diisi oleh pemuda-pemudi Desa Rukam selaku pembimbing dalam menghafal dan membaca al-Qur’an dan dilakukan secara bergiliran selama 20 hari dari hari pertama Ramadhan sebagaimana yang disampaikan oleh Asbandi selaku ketua pelaksana, dalam sambutannya pada acara penutupan perogram tersebut.

Asbandi melanjutkan bahwa Dalam bimbingan ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori tahfidz juz satu dan kategori juz 30, masing-masing disajikan ayat demi ayat untuk dihafal sehigga output dari program ini anak-anak memiliki hafalah sesuai dengan kategori masing-masing.

Untuk melihat hasil dari kegiatan tersebut anak-anak ditampilkan dalam acara festival Ramadhan Ceria yang merupakan agenda puncak untuk menampilkan kemampuan anak-anak bimbingan Karang Taruna yang berbentuk perlombaan, diantaranya lomba bidang tahfidz juz 1 dan juz 30 sebagai wadah mengukur hafalan selama bimbingan, kedua lomba azan yang terakhir adalah lomba busana muslim.

Seluruh agenda tersebut merupakan upaya pemuda-pemudi desa rukam melalui Karang Taruna untuk mendidik anak-anak desa rukam untuk mengisi waktu luang dibulan ramadhan agar terciptanya generasi yang Qur’ani. (Rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed