oleh

Sensus Penduduk Online, Masyarakat Masih Bingung

BANGKA BARAT — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Perancangan Serentak dan Pendampingan Sensus 2020 di ruang rapat OR I Sekretariat Daerah Bangka Barat, Senin ( 24/2/2020 ) pagi.

Kegiatan ini hadiri Bupati Bangka Barat, Markus, SH., Kepala BPS Zainubi, Ketua DPRD H. Badri Syamsu, Pj. Sekda Muhammad Effendi, Forkopimda serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Acara diselingi dengan ” NGIBAR” ( Ngisi Bareng ) Sensus Penduduk online 2020 oleh Bupati Bangka Barat, Kepala OPD dan semua tamu undangan yang hadir.

Kepala BPS Bangka Barat, Zainubi menjelaskan, pengisian Sensus Penduduk Secara Online pelaksanaannya sudah dimulai. Pihaknya melakukan monitoring melalui dashboard BPS.

Menurut Zainubi, target yang ingin di capai dalam Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Bangka Barat adalah:

1. Kecamatan Muntok
Jumlah KK : 14.722 KK
Target SPO : 2.945 KK
2. Kecamatan Simpang Teritip
Jumlah KK : 8.583 KK
Target SPO : 1.717 KK
3. Kecamatan Kelapa
Jumlah KK : 9.629 KK
Target SPO : 1.926 KK
4. Kecamatan Tempilang
Jumlah KK : 8.310 KK
Target SPO : 1.662 KK
5. Kecamatan Jebus
Jumlah KK : 6.090 KK
Target SPO : 1.218 KK
6. Kecamatan Parittiga
Jumlah KK : 9.527 KK
Target SPO : 1.905 KK

Dikatakannya, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam Pengisian Sensus Penduduk secara online ini.

Kendala tersebut diantaranya, tidak ada paket internet, masyarakat bingung cara login pengisian sensus online, sinyal jelek atau tidak ada sinyal, masyarakat tidak tahu sensus penduduk harus mengisi sendiri secara online dan masyarakat tidak punya gadget dan lain – lain.

Namun pihak BPS telah mempunyai strategi guna mengatasi kendala tersebut.

” Kita membentuk Posko Sensus di kantor kecamatan dan mengadakan mobile sensus serta memberdayakan pendamping sensus, sosialisasi ke masyarakat mengenai langkah-langkah mengisi sensus online 2020 serta memberdayakan peran Ketua SLS dan pendamping sensus untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat Markus, SH., dalam sambutannya mengatakan, Sensus Penduduk online 2020 dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dimulai dari tanggal 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Setelah itu akan dilaksanakan Sensus Penduduk wawancara pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

Markus menegaskan, Sensus Penduduk 2020 ini sangat penting. Peran serta masyarakat Bangka Barat merupakan kunci keberhasilan Sensus Penduduk 2020.

” Pernah saya kemukakan bahwa Sensus Penduduk merupakan dasar perumusan kebijakan Pemerintah untuk perencanaan pembangunan ke depannya supaya lebih tepat sasaran untuk di investasikan kepada masyarakat,” kata Markus.

Karena itu, Bupati mengajak serta menghimbau untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan membuat terobosan strategis agar pelaksanaan Sensus Penduduk di Bangka Barat dapat berjalan seperti yang diharapkan, sesuai dengan cita – cita menuju Bangka Barat Hebat.

” Sebab, keberhasilan dari pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini adalah tanggung jawab kita bersama,” pungkas Markus. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed